Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Rudy Resnawan, Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta, Danrem 101 Antasari Brigjend TNI Firmansyah bersama rombongan mengunjungi HSS, dalam rangka monitoring dan evaluasi (Monev) penanganan pandemi COVID-19 di Hulu Sungai Selatan (HSS).

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, Selasa (3/11), menyampaikan perkembangan penanganan COVID-19 di HSS, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dalam proses mendisiplinkan masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan.

"Proses ini  didukung penuh dari Polri dan TNI untuk dapat mendisiplinkan masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu peran ulama juga sangat penting dalam memberikan himbauan dan fatwa dalam melaksanakan ibadah dimasa pandemi," katanya, dalam sambutan, di Pendopo Kabupaten.

Baca juga: Dandim Kandangan : Kalsel berada di tiga besar nasional kesembuhan tertinggi COVID-19

Dijelaskan dia, untuk terus dapat menggerakkan roda ekonomi Pemkab HSS tidak memungut retribusi dari para pedagang sehingga meringankan beban pedagang selama pandemi, para pengusaha di HSS juga turut serta membantu Pemkab HSS dengan cara memberikan sumbangan masker.

Plt Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan, mengatakan maksud dari kunjungan ini untuk mengetahui kondisi nyata yang ada di lapangan, kemudian dari kondisi tersebut bisa melakukan evaluasi sehingga bisa menghasilkan langkah-langkah yang maksimal untuk dapat mengendalikan wabah COVID-19 di HSS.

Menurut dia, walaupun grafik COVID-19 di HSS melandai, pihaknya tetap mengingatkan Tim Gugus Tugas HSS agar tetap melaksanakan protokol kesehatan di HSS secara ketat, dan meningkatkan penanganan medis secara agar dapat menurunkan angka rata-rata kematian COVID-19.

Baca juga: Tujuh ribuan pelanggar terjaring sanksi Operasi Yustisi protokol kesehatan HSS

Selain itu, ia mengapresiasi Bupati HSS beserta jajaran karena telah merespon cepat adanya COVID-19 ini, dengan menjadi daerah pertama yang mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) di wilayah Kalsel.

Diakhir kunjungannya bersama rombongan, Plt Gubernur Kalsel juga menyerahkan bantuan masker kain kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020