Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, Direktur Utama Bank Kalsel Agus Syabarrudin, Kepala Dinas Pertanian H Muhammad Noor dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan H Akhmad Mawardi, melaksanakan panen raya padi unggul lokal Kelompok Tani (Poktan) “Balanti”, Desa Mandala, Kecamatan Telaga Langsat.

Kepala Bank Kalsel Cabang Kandangan Syamsir, di Mandala, Kamis (12/11), mengatakan panen raya dirangkai dengan gathering dan talk show Bank Kalsel bersama petani dan Stakeholder, sekaligus pencanangan Desa Mandala sebagai Desa Agrowisata Edukasi di Kabupaten HSS.
 
Gathering dan talk show Bank Kalsel sekaligus pencanangan desa agrowisata, Mandala, Telaga Langsat
(Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Peresmian gedung baru di Kandangan, Bank Kalsel berdonasi untuk Gebrak Masker

"Kegiatan ini sendiri diikuti 30 orang dari anggota Poktan Se Kecamatan Telaga Langsat, perwakilan kepala fesa dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP)," katanya, dalam laporan, bertempat di halaman kantor Kecamatan Telaga Langsat.

Dijelaskan dia, setelah atau pasca panen tadi, di lahan persawahan itulah akan dilakukan demplot padi benih unggul indukkan pertama, sedang lahan kering di sebelahnya akan dilakukan demplot padi gogo unggul indukkan pertama, serta demplot berbagai jenis bibit unggul tanaman holtikultura.

Konsep agrowisata edukasi, akan menjadikan Desa Mandala selain nantinya akan menjadi tujuan wisata untuk melihat tanaman padi dan berbagai jenis tanaman holtikultura,  di sana nanti ada perkebunan cabe, terong, timun, melon dan lain-lainnya.
 
Pemukulan gong tandai pencanangan desa agrowisata, Mandala,
Telaga Langsat (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Agus Syabaruddin : Bank Kalsel Syariah Kandangan dukung Visi CINTA Pemkab HSS

Desa Mandala akan menjadi tempat belajar mengenal dan mendalami mengenai tanaman pertanian dan perkebunan, ia yakin konsep tersebut akan melahirkan petani-petani baru, dengan istilah “Petani Milineal”.

Pencanangan Desa Agrowisata Edukasi, Mandala yang ditandai dengan pemukulan Gong, dan dalam kesempatan ini Dirut Bank Kalsel dan Kepala Bank Kalsel Cabang Kandangan juga secara simbolis menyerahkan bantuan pupuk dan benih padi unggul F16 kepada perwakilan Poktan Kecamatan Telaga Langsat.
 
Penyerahan bantuan pupuk dan benih padi unggul F16 (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020