Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar-Rusli atau biasa disebut ZR memprogramkan membuka 10 ribu lapangan kerja baru dengan cara mengupayakan memasukkan investor baru untuk kerja sama dengan pengusaha lokal.

Selain itu juga memberikan pelatihan keterampilan dan pembinaan kepada 30 ribu calon tenaga kerja baru, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten di daerah. 

Sebagaimana rilis tim media ZR, program-program tersebut akan dilaksanakan bila ZR memenangi Pilkda Tanbu 2020.

Berdasarkan data, pengangguran kabupaten Tanah Bumbu mencapai 5.710 orang.

Menurut Tim Kajian Pemenangan ZR, Akram Sadli, dengan pelatihan diharapkan tenaga kerja lokal bisa lebih kompetitif dibandingkan pendatang dari luar. 

"Kita sangat yakin, Tanah Bumbu memiliki potensi pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dibandingkan kabupaten lain di Kalsel maka dari itu infrastrukturnya harus disiapkan," katanya, di Batulicin, Selasa, (10/11).
 
. (Istimewa)

Akram menyebutkan, dibawah kepemimpinan Zairullah-Rusli, akan dibuat pusat-pusat bisnis, akses informasi, kemudahan perizinan dan penyediaan lahan. 

"Kolaborasi pemda, pelaku usaha lokal, dan investor dari luar," lanjut kader Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ini.

"Kemudian kita akan memberikan peluang bagi para pengusaha besar untuk bersama membangun Tanah Bumbu dengan syarat menggandeng pengusaha kecil lokal, proyek-proyek besar yang banyak menggunakan tenaga kerja akan kita gaungkan kembali, karena dari proyek itu akan membuka banyak tenaga kerja baru," papar Alumni Magister Administrasi Pembangunan ULM ini. 

Dipresiksi, akan terjadi kebutuhan lapangan kerja yang sangat tinggi awal tajun 2021 di kabupaten Tanah Bumbu. Mengingat selama pandemi COVID-19 melanda, pengangguran cukup tinggi. 

"Orang tidak akan betah berada lebih lama di rumah tanpa penghasilan, sehingga berusaha mencari pekerjaan baru," katanya.

Perusahaan akan kebanjiran lamaran, dan ini tentunya menjadi PR bupati baru terpilih. Maka yang menjadi perhatian besar adalah lapangan kerja. rja. 

Pekerjaan rumah ini sudah diperhitungkan paslon bupati dan wakil bupati Tanah Bumbu, nomor urut 3, Zairullah Azhar-Muhammad Rusli. 

Menurut tim ZR, mereka sudah mengantsipasinya dengan mempersiapkan lapangan pekerjaan dan memberikan support kepada UMKM untuk bangkit pasca covid 19.

"Masalah ini tak bisa dianggap sepele, maka saatnya untuk recavery atau menata ulang ekonomi agar segera bergerak lebih cepat. Menormalkan kerja para tenaga kerja yang dirumahkan atau dikurangi jam kerja untuk kembali kerja produktif," katanya.

 

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020