Pemerintah Kota Banjarmasin membagikan sebagian alat cuci tangan kreatif produksi Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota setempat ke sekolah-sekolah.

"Sebagian, kita akan bagikan ke sekolah-sekolah alat cuci tangan kreatif ini," ujar Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin Lukman Padlun, di Balaikota, Selasa.

Menurut dia, kreatifnya alat cuci tangan untuk membiasakan mencuci tangan pakai sabun di masa pandemi COVID-19 ini, penggunaannya dibuat tidak langsung menyentuh kran untuk mengalirkan airnya.

Tetapi, lanjut dia, penggunanya cukup menginjakan kaki dipedal yang tersedia di bawahnya, kemudian air pun langsung keluar dari pipa kran.

"Jadi tidak menyentuh kran pakai tangan lagi, ini lebih aman terhindar dari penularan virus yang ada di kran karena dipegang orang lain sebelumnya," beber Lukman.

Dia menyatakan baru 20 unit alat cuci tangan kreatif ini yang dibagikan, semoga ini bermanfaat besar bagi penanggulangan pandemi COVID-19 di kota ini.

Dia berharap lagi, dengan adanya bantuan peralatan ini, masyarakat khususnya para siswa sekolah bisa lebih mematuhi protokol kesehatan, sehingga penyebaran virus COVID-19 dapat dihindarkan.

Penyerahan alat cuci tangan kreatif untuk pencegahan penyebaran COVID-19 ini, sesuai dengan arahan Plt Wali Kota Banjarmasin H Hermasnyah, saat kegiatan Sosialisasi Perwali Nomor 68 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19.

H Hermansyah ingin dalam kegiatan sosialisasi tersebut dapat melahirkan ide-ide kreatif yang bisa memberikan semangat kepada warga untuk melaksanakan protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, nantinya melahirkan ide-ide kreatif yang bisa menjadikan masyarakat kita selalu mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020