Polres Kabupaten Balangan Gandeng Forkopimda menggelar deklarasi bersama mmenolak unjuk rasa anarkis di Kabupaten Balangan, bertempat di tugu Pahlawan Paringin, sebagai upaya menjaga kondusifitas di wilayah Kabupaten Balangan pascadisahkannya Undang-Undang Cipta Kerja beberapa waktu lalu.

Pembacaan Deklarasi dipimpin Plt Bupati Balangan, H Saifullah, diikuti anggota Forkompinda, Ormas, LSM, manajemen perusahaan, serikat pekerja, mahasiswa dan unsur pelajar yang dihadiri oleh kepala sekolah, juga turut serta segenap elemen masyarakat Kabupaten Balangan.

Pada deklarasi tersebut, semua pihak yang hadir berkomitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI, endukung polri dan TNI menindak pelaku kerusuhan dan unjuk rasa yang anarkis serta melaksanakan Protokol Kesehatan selama pandemi COVID-19.

Selain itu, juga berikrak untuk menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Balangan.

Kapolres Kabupaten Balangan AKBP Nur Khamid, menjelaskan, pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa deklarasi hari ini guna menyikapi beberapa aksi unjuk rasa anarkis yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

"Masyarakat memiliki hak menyampaikan pendapat di muka umum, namun dalam menyampaikan pendapat maupun aspirasi di muka umum tidak dengan tindakan anarkis yang merugikan pihak lain maupun diri sendiri, jadi dalam hal ini ketertiban dan ketentraman masyarakat tetap harus dijaga," ucap Kapolres Balangan sebagaiman rilis yang disampaikan Humas Pemkab Balangan.

Nur Khamid juga menambahkan, tetap menghormati hak orang lain dan tidak dibenarkan dalam menyampaikan pendapat atau unjuk rasa dengan melanggar hak asasi manusia, apalagi sampai merusak fasilitas umum milik negara.

Plt. Bupati Kabupaten Balangan, H. Saifullah, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Balangan sangat mengapresiasi kegiatan ini, Tentunya ini akan berdampak positif untuk tidak terjadinya demo yang anarkis di Balangan.

"Demo boleh - boleh saja, tapi harus sesuai dengan protokoler aturan undang-undang," tutur Saifullah.

Mudah - mudahan dengan adanya kegiatan hari ini tidak ada terjadi demo di Kabupaten Balangan, harapnya.

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020