Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry meresmikan Gedung Beras Kelompok Tani(Poktan) Budi Bakti, berlokasi di Desa Gambah Dalam Barat, Kecamatan Kandangan.

Ia mengatakan, bersyukur telah meresmikan Gedung Beras Poktan Budi Bakti, dan karena di sini Poktan Budi Bakti adalah kelompok tani yang menghasilkan produk beras organik.

"Tadi sudah dilaporkan Kepala Dinas Ketahanan Pandangan sebentar lagi akan keluar sertifikat organik, dan setifikat ini satu-satunya di Kalimantan," katanya, dalam sambutan, Kamis (1/10) lalu.

Dijelaskan dia, sebab sudah bersertifikat nantinya semua persyaratan akan tetap kita pertahankan, dan pihaknya sudah berdiskusi dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Ketua Poktan Budi Bakti tentang apa saja yang bisa dilengkapi agar bisa memberikan yang terbaik.

 

Baca juga: Kurangi terbuangnya sisa makanan, PKK HSS kampanyekan food loss and waste

Dan tentu diharapkan para petani bukan di sini saja, mulai mengalihkan proses penanaman dan yang lainnya menggunakan organik mengurangi hal-hal yang bersifat kimiawi.

Saat ini juga berdasarkan kebijakan Dinas Ketahanan Pangan HSS hampir ASN banyak yang mengkonsumsi beras organik, termasuk dirinya menggunakan beras organik.

"Ini sejalan dengan pemerintah pusat juga yang mendorong petani kita berbasis organik. Jadi tentu kami ingin mendorong petani yang ada di sini untuk mempertahankan keberadaannya, dan mulai sekarang harus siap sekarang kalau orang datang atau order beras organik," katanya.

Menurut dia, perlu dibikin jejaring dalam pemasaran, serta agar bangunan yang diresmikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Poktan Budi Bakti, dan walaupun masih di tengah pandemi pemerintah daerah tetap bisa dan bekerja, dan itu bisa dipersembahkan untuk masyarakat HSS.
 
Laporan Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS H Akhmad Mawardi (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Tingkatkan ketahanan pangan, PKK HSS laksanakan pelatihan budidaya ikan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS H.Akhmad Mawardi, mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan pembangunan gudang beras ini adalah dalam rangka mendukung kemandirian Poktan, khususnya kegiatan pasca panen beras organik yang diproduksi Poktan Budi Bakti.

"Bangunan serta sarana bangunan gudang yang peruntukannya bagi pengolahan beras sehat, baik untuk penyortiran, pengemasan dan penyimpanan, adapun jumlah petani yang dapat memanfaatkan pembangunan gedung beras ini sebanyak 47 orang anggota Poktan" katanya.

Ditambahkan dia, gedung beras Poktan Budi Bakti ini juga menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan(Kalsel), merupakan yang terbaik di Kalsel dan akan menerima sertifikat organik yang mana satu-satunya di Kalimantan.

Dalam kegiatan peresmian ini, Bupati HSS didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad menandatangani prasasti peresmian Gedung Beras Poktan Budi Bakti dan melaksanakan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya gedung tersebut.
 
Sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020