Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Hj Isnaniah Achmad Fikry, mengatakan pelatihan budi daya ikan dalam ember, dilaksanakan PKK HSS dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan dan pencegahan dampak COVID-19.

Ia mengatakan, agar dengan adanya pelatihan budidaya ikan ini, bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan pangan dan membantu kondisi keluarga di tengah terjadinya pandemi COVID-19 di setiap desa, yang ada di Kabupaten HSS.

"Kepada Ketua TP. PKK Kecamatan, untuk menyampaikan ke desanya masing-masing, tentang cara membudidayakan ikan dalam ember, agar dilaksanakan PKK desa dan memberitahu warganya," katanya, dalam sambutan, di aula sekretariat PKK HSS, Rabu (3/6) kemarin.

Baca juga: 62 orang pengurus PKK dan GOW HSS donor darah

Ketua Pokja IV PKK HSS Hj. Noorhadini Ulfah, mengatakan dalam pelatihan ini mengikuti arahan dari tim gugus tugas, untuk selalu mengingatkan dan menghimbau memakai masker, menjaga jarak, serta sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Dijelaskan dia, bulan Juni harus 100 persen untuk melakukan penyuluhan, melaksanakan sosialisasi door to door atau dari pintu ke pintu, PKK desa bekerjasama dengan kader PKK posyandu dan aparat desa untuk melaksanakan penyuluhan dari rumah ke rumah.

Narasumber dari Dinas Perikanan HSS, Eka Lutfianadi, mengatakan untuk pembuatan alat dengan bahan yang mudah didapat yaitu ember, kawat, botol atau gelas plastik, arang dan kangkung (sebagai media tanam), dan ikan yang disarankan untuk budidaya seperti Lele dan Betok atau Papuyu.

Pelatihan diikuti Ketua TP.PKK Kecamatan se Kabupaten HSS, pengurus Pokja III TP.PKK Kecamatan masing-masing satu orang, serta Ketua TP.PKK Desa Muning Baru dan Ketua TP.PKK Desa Asam yang akan mengikuti lomba Nasional.

Baca juga: PKK HSS bantu sembako warga kurang mampu di lima desa Daha Barat

Diakhir acara juga diserahkan hadiah pemenang lomba sekretariat TP PKK Kecamatan, Lomba Kader PKK, Lomba Mars PKK, Lomba PIK pusat informasi konseling/keluarga.

Juga Lomba PAUD, Lomba Alat Permainan Edukatif (APE), Lomba Toga, Lomba Pemanfaatan Lahan, Lomba Masak Serba Ikan, Lomba Dasa Wisma Ber-PHBS dan Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) yang dilaksanakan TP. PKK Kab. HSS dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020