Pemerintah Kota Banjarmasin melalu Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin memberikan bantuan kepada para Wira Usaha Baru (WUB) yang bergerak disektor pertanian dan perikanan.

Bantuan yang diserahkan langsung Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina tersebut kepada puluhan WUB berupa alat produksi, bibit ikan, pakan dan jaring pelihara ikan, juga untuk bududaya jamur.

"Moga bantuan ini makin menambah semangat WUB di sektor pertanian, perikanan juga peternakan untuk maju dan sukses," ujar Ibnu Sina saat menyerahkan bantuan tersebut di Pendopo Agro Mina Tani, Banjarmasin, Rabu.

Dia mengatakan, bahwa pemerintah kota dalam empat tahun ini telah membina dan melahirkan WUB sebanyak 2.847 orang yang bergerak diberbagai sektor, termasuk sektor pertanian dan perikanan juga peternakan.

"Walaupun dalam berusaha itu pastinya ada yang jatuh bangun, tapi harus tetap semangat untuk sukses," ujar Ibnu Sina.

Sebab, kata dia, pemerintah kota akan terus mendampingi dan membina semua WUB yang terus ingin maju.

"Bahkan dari 2.847 WUB itu, dari hasil seleksi, lebih 1.000 WUB dianggap sudah berhasil baik produksi dan penjualannya," kata Ibnu Sina.

Bahkan lagi, sambung dia, ada sebanyak 150 WUB itu dinaikkan kelasnya menjadi WUB unggulan.

"Jadi sudah banyak yang berkembang, moga dengan adanya musibah pandemi COVID-19 ini, WUB kita tetap bisa bertahan," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin H Reno Azhari, bahwa sebagian besar WUB dibidang pertanian dan perikanan juga peternakan berjalan baik.

"Sejauh ini mereka (WUB) binaan kita baik-baik saja, ya bisa dikatakan mulai berhasil lah, seperti yang diberi bantuan sarana produksi hari ini," ujarnya.

Menurut Reno, bantuan yang diserahkan kepada WUB ini nilainya sekitar Rp447 juta, yakni, untuk tiga sektor, perikanan, pertanian dan peternakan.

"Untuk peternakan itu ada 48 WUB yang tergabung di delapan kelompok, ada yang usaha telur asin, buat nugget, pentol bakso dan abon ayam," ungkapnya.

Untuk bantuan WUB disektor perikanan, ucap dia, diberikan kepada 110 WUB, baik bibit ikan, waring, pakan ikan dan terpal.

"Sementara itu untuk WUB sektor pertanian adalah pemberian 20 ribu bidlog jamur untuk puluhan WUB," pungkasnya.
 
Saat Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menyerahkan bantuan sarana produksi bagi WUB.(Antaranews Kalsel/Sukarli)

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020