Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berjanji mencukupi blanko pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) di Kota Banjarmasin.

Hal tersebut dinyatakan Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kemendagri, Prof Dr Zudan Arif Fakrullah, SH MH, saat mengunjungi Banjarmasin, Minggu.

Zudan Arif di Banjarmasin juga sekalian melantik Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina sebagai Ketua Umum Federasi Karate Tradisional Indonesia (FKTI) Kalsel di Aula Kayu Balaikota, Minggu.

Zudan Arif yang merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Koordinator Nasional FKTI tersebut menyatakan siap membantu Pemkot Banjarmasin menyelesaikan pekerjaannya yang tertunda, yakni, mengusahakan pencetakan KTP-el.

"Informasinya sebanyak 9 ribu KTP-el warga Banjarmasin belum tercetak," tuturnya.

Zudan Arif mengatakan mendapat informasi ini saat mengunjungi langsung kantor Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarmasin.

"Sebelum saya datang ke Balaikota untuk acara pelantikan FKTI Kalsel ini, sekalian saya kunjungi kantor Disdukcapil disambut Plt Kadisdukcapil Kota Banjarmasin, Iwan Fitriadi," ungkapnya.

Dari hasil pertemuan tersebut dia pun mengetahui, ternyata di kota berjuluk Seribu Sungai ini terjadi permasalahan lambatnya pencetakan dan penyaluran KTP-el, sebab kosongnya blanko.

Karena itu, dia berjanji akan membantu Pemkot Banjarmasin menyelesaikan pekerjaan tertunda selama ini. 

"Tadi saya sudah rapat dengan pak Plt Kadisdukcapil dan jajarannya, saya akan dukung penuh dari pusat blangkonya. Saya cukupi berapapun diminta untuk kebutuhan pencetakan," tegasnya.

Bahkan dia menargetkan dalam dua pekan semua pekerjaan tertunda menyangkut pencetakan KTP-el di Banjarmasin bisa diselesaikan. 

"Kita targetkan dalam dua pekan ke depan semua yang 9 ribu tadi sudah dicetak, sudah saya beri intruksi semua di Dinas Dukcapil Banjarmasin agar dibersihkan," pungkasnya.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menyampaikan terimakasih yang tinggi atas perhatian Kemendagri terhadap penyelesaian pembuatan KTP-el di kotanya.

"Kedatangan Dirjen Dukcapil ke Banjarmasin Alhamdulillah menjadi berkah," ujar Ibnu Sina.



 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020