Kodim 1001 Amuntai akan melaksanakan Operasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 di Desa Sarang Burung Kecamatan Danau Panggang.

Operasi TMMD akan dilaksanakan mulai minggu keempat September dan berakhir minggu ketiga Oktober 2020 atau sekitar 30 hari.

"Kita memilih Desa Sarang Burung karena merupakan desa paling tertinggal dan adanya usulan dari masyarakat desa yang menghendaki dilaksanakannya kegiatan Bhakti Sosial TMMD," ujar Dandim 1001 Amuntai Letkol Inf. Ali Ahmad Satriyadi di Amuntai, Rabu (2/9).

Ali mengatakan, proyek TMMD yang akan dilaksanakan yakni pembangunan badan jalan sepanjang 251 meter dan lebar lima meter yang menghubungkan Desa Sarang Burung menuju Desa Teluk Mesjid Kecamatan Danau Panggang.
 
Dandim 1001 Amuntai Letkol Inf. Ali Ahmad Satriyadi bersama para wartawan dan kontributor daerah, Rabu (2/9). (Antaranews Kalsel/Eddy Abdillah)

Berdasarkan keterangan masyarakat, akses jalan darat  sering terendam saat banjir atau musim penghujan sehingga masyarakat harus melewati titian atau menggunakan sampan.

Menurut Dandim, melalui pelaksanaan program TMMD, proyek pembangunan jalan desa lebih efisiensi daripada pemerintah menyerahkan proyek pembangunan kepada pihak kontraktor.

"Menyerahkan proyek pembangunan sarana infrastruktur kepada perusahaan tentu lebih mahal karena untuk mengangkut material saja  akses jalan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua," terang Ali.

Dandim mengatakan melalui proyek TMMD dibangun kembali semangat kebersamaan dan gotong royong ditengah masyarakat, kemanggulan TNI dan masyarakat serta kemitraan kerja sama TNI dengan pemerintah daerah.

Selain membangun sarana jalan, nantinya juga dilaksanakan kegiatan penyuluhan bekerja sama dengan lintas sektor seperti Polri, Dinas Kesehatan, Pendidikan, Peternakan, Pertanian dan sebagainya.

Rencananya juga dilaksanakan pelayanan KB, donor darah, pembagian sembako dan masker gratis kepada warga.

Satuan setingkat kompi berjumlah 110 anggota TNI akan diterjunkan dalam kegiatan TMMD dibantu jajaran pemerintah daerah.

Ali juga menginformasikan, TMMD yang merupakan program Nasional tahun ini diikuti sebanyak 43 Kodim diseluruh Indonesia.

Karya jurnalistik tentang pelaksanaan TMMD ke 109 rencana juga akan dilombakan sebagai motivasi bagi insan pers atau media untuk memberitakan pelaksanaan TMMD didaerah masing-masing.


 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020