Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan kembali melakukan fasilitasi akreditasi pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) wilayah Kalimantan khusus untuk program studi bidang kesehatan.

Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Prof Udiansyah saat membuka fasilitasi akreditasi PTS bidang kesehatan melalui virtual Selasa (25/8/2020) mengatakan, fasilitasi ini penting, sebagai upaya mendorong PTS di wilayah kerjanya menjadi PTS unggul.

Prof Udiansyah mengungkapkan, banyak pertanyaan kenapa PTS lebih mudah mendapatkan akreditasi A, padahal faktanya itu sangat tidak mudah.

"Kalau mendapatkan akreditasi itu mudah, maka akan banyak PTS di Kalimantan yang mendapatkan akreditasi A, tetapi kenyataannya, hingga kini baru dua PTS di wilayah Kalimantan yang mendapatkan A, satu prodi pada 2019 dan satu prodi pada 2020 satu," katanya. 

Udiansyah mengungkapkan, upaya peningkatan mutu PTS ini, merupakan pekerjaan yang luar biasa, sehingga setiap tahapan dan ketentuan yang telah ditetapkan, harus diikuti secara sungguh-sungguh oleh seluruh pihak terkait.

"Fasilitasi ini, sebagai salah satu upaya untuk mendorong percepatan peningkatan mutu tersebut. Saya harap seluruh PTS yang hadir memanfaatkan kesempatan ini untuk mendalami setiap materi yang disampaikan," katanya.

Apalagi, nara sumber yang dihadirkan, adalah nara sumber yang cukup kompeten dibidangnya, sehingga seluruh PTS yang hadir, bisa menanyakan dengan jelas setiap kesulitan yang mereka hadapi dalam tahapan untuk mengajukan akreditasi.

Pada acara fasilitasi kali ini, LLDIKTI menghadirkan dua nara sumber yaitu Muhammad Syafwani SKP, M.Kep, Sp Jiwa dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin dan Anggrita Sari S,SiT, Mpd, M Kes dari Universitas Sari Mulia.

Kedua nara sumber asli orang Kalimantan tersebut, juga bertugas sebagai asesor nasional yang cukup berpengalaman dibidangnya.

Sekretaris LLDIKTI Dr Muhammad Akbar mengatakan, saat ini tantangan peningkatan kualitas PTS semakin besar.

Mendorong PTS untuk bisa memaksimalkan peningkatan kualitasnya, pemerintah telah membuat klasterisasi PTS sesuai prodi masing-masing PTS.

Klasterisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi agar semakin maju dan masuk ke kelas dunia. 

Pada acara yang diikuti oleh 104 orang peserta tersebut, merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, terutama saat pandemi COVID-19 ini.
 

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020