Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarbaru siap menyosialisasikan seluruh ahasil Musyawarah Nasional Dekranas tahun 2020 yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (19/8).

Wakil Ketua Dekranasda Banjarbaru Eny Apriyati, Ahad mengatakan, sosialisasi sangat penting dilakukan agar anggota mengetahui sehingga bisa membantu kemajuan industri kecil, menengah atau UKM.

"Dekranasda berkaitan erat dengan pengembangan usaha kecil maupun menengah. Diharapkan sosialisasi bisa membantu masyarakat jalankan usahanya lebih berkembang," ujar istri Wakil Wali Kota Darmawan Jaya itu. 

Dikatakan, hal itu sesuai hasil munas yang diikuti 494 pengurus Dekranasda seluruh Indonesia dengan tema "Segi positif pandemi COVID-19 momentum percepatan digitalisasi pasar kerajinan menuju industri 4.0".

Munas Dekranas virtual dihadiri Ketua Dekranas Pusat Wury Ma'ruf Amin yang mengatakan pandemi COVID-19 berdampak langsung pada sektor kerajinan secara signifikan karena tidak bisa bertemu langsung. 

"Selama pandemi, penjualan barang kerajinan tidak bisa bertemu langsung penjual dan pembeli sehingga kondisi itu jadi momentum sangat bagus agar lebih optimal memanfaatkan teknologi digital," ucapnya. 

Dikatakan istri Wakil Presiden itu, Dekranasda harus mendorong para pengrajin melakukan inovasi digital memanfaatkan sistem dalam jaringan (online) sehingga lebih mudah untuk memasarkan produk. 

"Pemanfaatan teknologi digital dapat membuka peluang pemasaran produk yang lebih luas sehingga membantu industri kecil dan menengah dalam melakukan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19," katanya. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020