Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Nasional, Doni Monardo, menyampaikan COVID-19 adalah malaikat pencabut nyawa bagi semua, dan jangan dianggap enteng karena orang yang sepertinya sehat, padahal mereka membawa virus yang dikenal dengan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Ia mengatakan, agar pencegahan penularan virus ini dapat dilakukan bersama-sama, dengan menghindari kerumunan, jaga jarak, tidak bersentuhan fisik, tidak berada di ruangan tertutup dan selalu menggunakan masker bahkan ketika di rumah.

"Perlu pakai juga di rumah, apabila merasa cemas atau pun ragu-ragu karena aktivitas yang sering keluar sehingga dapat membahayakan keluarga di rumah," katanya, dalam materi rapat koordinasi rapat kordinasi Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kalsel secara daring, Kamis (20/8).

Baca juga: Video - Bupati HSS : Pendapatan daerah HSS menurun terdampak Corona

Dijelaskan dia, penanganan kasus COVID-19 di Provinsi Kalsel ada banyak sekali harapan untuk Kalsel, salah satunya dengan adanya tambahan tenaga baru dari Pangdam yang mana tentunya akan memberikan nilai tambah, serta bantuan tambahan alat Swab PCR baru untuk Banjarmasin.

Dan kasus pandemi seperti ini sebenarnya bukan hal yang pertama, di mana kasus seperti ini juga pernah terjadi sekitar 100-200 tahun yang lalu dengan nama yang berbeda. Salah satunya Flu Spanyol yang juga sampai ke Nusantara, di mana saat itu korban jiwa juga sangat banyak.

Rapat kordinasi dengan Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kalsel secara virtual melalui Video Converence (Vicon),diikuti Bupati HSS H Achmad Fikry beserta jajaran di ruang Media Center Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

Baca juga: Inovasi tangani pandemi, Kapolri apresiasi Kalsel miliki 193 kampung tangguh

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nasional Doni Monardo yang juga menjabat sebagai Kepala BNPB, narasumber dari Kementrian Kesehatan dan Tim Pakar Satgas COVID-19 terkait penanganan COVID-19 di Kalsel.

Turut mengikuti, Sekda Provinsi Kalsel, perwakilan Panglima Komando Daerah Militer VI/Mulawarman, perwakilan Kapolda Kalsel, para bupati dan walikota di wilayah Kalsel, Forkopimda Kalsel, para kepala SKPD di wilayah Provinsi Kalsel dan para kepala SKPD kabupaten dan kota.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020