Inspektur Pengawasan Umum Kepolisian Negara Republik Indonesia Komjen Pol Agung Budi Maryoto, menyampaikan mengapresiasi upaya inovasi dalam mengatasi pandemi COVID-19 yang dilakukan Forkopimda dan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ia mengatakan, upaya tersebut salah satunya adalah kampung tangguh yang sudah terbentuk sebanyak 139 lokasi yang tersebar di wilayah, saat menyampaikan pengantar dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Idham Aziz.

“Kedepan marilah kita semua bersama sama melakukan beberapa hal, seperti tetap semangat dan optimis bahwa kita pasti dapat melewati ujian pandemi COVID-19," katanya, dalam teleconference yang diikuti Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, Kapolres HSS dan Dandim Kandangan, Kamis (24/7).

Dijelaskan dia, jangan pernah bosan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, dan pola hidup sehat serta berbuat demi kemaslahatan bersama.

Baca juga: Bupati HSS : Penurunan kasus COVID-19 diperkirakan Agustus

Ini  untuk menunjukkan bersama bahwa negara hadir di tengah masyarakat dalam situasi apapun, terutama dalam situasi saat ini. Terakhir, pihaknya ingin menegaskan bahwa TNI dan Polri siap memberikan bantuan tanpa paying cadangan, di wilayah di mana yang memerlukan bantuan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, mengatakan bahwa dalam rapat terbatas (ratas) dengan Presiden RI Joko Widodo, disampaikan bahwa ada delapan provinsi yang harus menjadi perhatian bersama, dimana salah satunya adalah Kalsel.

"Kami bekerjasama dengan pemerintah daerah dan Polri untuk mengambil langkah mengatasi kesulitan, mengidentifikasi masalah yang terjadi, dan memberikan bantuan sepenuhnya untuk menekan penyebaran COVID-19 di delapan wilayah yang menjadi perhatian tersebut.

Sebelumnya, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, memaparkan tentang kondisi terkini COVID-19 di Kalsel, Walaupun sekarang masih terus berjuang menghadapi pandemi COVID-19, tetapi masih bersyukur karena tingkat angka kematian akibat pandemi ini terus menurun.

Baca juga: Desa Kapuh dan Amparaya dilaunching jadi Kampung Tangguh Banua

Diharapkan dia, dengan dengan sinergisitas antara pemerintah provinsi, TNI, Polri dan unsur-unsur lainnya semakin meningkat dan semakin tangguh, dalam melawan penyebaran COVID-19, memantapkan solidariras semua dalam memelihara ketertiban dan keamanan di Kalsel.

Teleconference yang diikuti di Media Center, Setda Pemkab HSS turut dihadiri, Sekda HSS H M Noor, Direktur RSUD Brigjend H.Hasan Basry Kandangan dr Rasyidah, Kepala Dinkes dr Hj Siti Zaenab, Kepala Dinsos HSS Nordiansyah, Kepala BPBD Kesbangpol Roni Rusnadi dan Kepala Satpol PP H Iwan Friady.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020