Gerakan Bersama Memakai Masker (Gebrak) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tidak hanya dilaunching di Pusat Kota Kabupaten di puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI), namun dilaksanakan secara serentak di 11 kecamatan.

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry, Selasa (18/8), mengatakan kegiatan ini kolaborasi dengan Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) yang ada di HSS.

Baca juga: Lauching Gebrak Masker PKK Kabupaten HSS

"Serta didukung Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kesehatan, dan juga Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (DHC 45) HSS," katanya.

Dijelaskan dia, para camat bersama dengan Ketua TP PKK Kecamatan masing-masing, beserta anggota PKK Kecamatan dan juga Ketua TP PKK di Desa yang membagikan secara langsung dari rumah-ke rumah, serta mensosialisasikan bagaimana penggunaan masker yang baik dan benar.

Baca juga: PKK HSS sudah bagikan 198.660 buah masker kain kepada masyarakat

Selain membagikan masker, diserahkan juga bantuan sosial, layanan kesehatan kepada masyarakat, membagikan sembako, serta dirangkai dengan sunatan massal dan penandatanganan komitmen bersama pencegahan dan penanggulangan stunting.

Melalui pemerintah kecamatan juga diintensifkan himbauan dalam bentuk Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) dalam penerapan protokol kesehatan, agar senantiasa ingat dan sadar memakai masker, hindari kerumuman atau jaga jarak, cuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020