Sebanyak 18 jurnalis Kabupaten Banjar mengikuti tes swab massal yang dilaksanakan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Banjar di Komplek Pangeran Antasari Martapura.

Kepala Seksi Pengelolaan Media Informasi dan Komunikasi Publik di Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (DKISP) Banjar M Hamdani, Kamis mengatakan, tes swab massal ini merupakan upaya mencegah penyebaran COVID-19.

"Jajaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Banjar terus berupaya mencegah dan memutus penyebarannya.  Salah satunya lewat tes swab massal dengan sasaran seluruh masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, tes swab melibatkan wartawan atau jurnalis yang liputan di wilayah Kabupaten Banjar karena intensitas kerja yang cukup tinggi juga berinteraksi dengan banyak orang baik masyarakat dan ASN.

Disebutkan, tujuan tes mengantisipasi dan memastikan kondisi kesehatan rekan-rekanjurnalis di lingkungan Pemkab Banjar dan mengakomodir keinginan mereka menjalani tes swab untuk mendeteksi virus corona itu.

"Tes swab juga bertujuan agar kawan-kawan jurnalis yang bekerja di lapangan bekerja tenang disamping menghilangkan kekhawatiran sebagian narasumber bertemu dan interaksi dengan wartawan," ucapnya.

Dikatakan, tes swab dengan sasaran kalangan jurnalis Kabupaten Banjar itu tidak diikuti semua wartawan karena kesibukan termasuk ada pula yang sudah menjalani tes swab di Kota Banjarbaru.

"Hasil tes swab akan diketahui sekitar dua hari ke depan dan kita semua berharap hasil seluruhnya negatif sehingga rekan jurnalis bisa tenang menjalankan tugas dan narasumber juga tenang," kata dia.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020