Martapura, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resor Banjar, Kalimantan Selatan, melatih siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) melaksanakan patroli keamanan sekolah untuk mewujudkan keamanan ketertiban dan kedisiplinan siswa di lingkungan sekolah.


Pejabat Sementara Paur Subbag Humas Polres Banjar Aiptu Suwarji, di Martapura, Selasa mengatakan, pelatihan dilaksanakan selama tiga hari sejak Senin (16/7) hingga Rabu (18/6) di Aula Tri Brata Polres Banjar.

"Peserta berasal dari perwakilan seluruh sekolah tingkat SMA dan sederajat di Kabupaten Banjar terutama yang letak sekolahnya berada di jalur lalu lintas wilayah hukum Polres Banjar," ujarnya.

Ia mengatakan, tujuan kegiatan adalah membentuk kepribadian para siswa sehingga menjadi pribadi yang tanggap dan cekatan, berjiwa sosial serta berwawasan pengetahuan yang lebih tinggi dan luas.

Dijelaskan, patroli keamanan sekolah juga merupakan suatu kebutuhan bagi sekolah karena bermanfaat mewujudkan keamanan, ketertiban dan kedisiplinan siswa di lingkungan sekolah.

"Keberadaan anggota PKS di lingkungan sekolah dapat membantu peran guru dalam membina bakat siswa dan mengawasi lingkungan sekolah dari hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.

Menurut dia, anggota PKS juga dapat membantu siswa lain maupun masyarakat untuk menyeberang di jalur jalan sehingga menjadi pelopor dalam berlalulintas dan mitra dalam mendukung tugas kepolisian.

"Bagi peserta PKS, mereka harus memiliki kemampuan melaksanakan tugas-tugas sebagau anggota PKS sehingga bisa menolong orang lain termasuk siswa dan guru di lingkungan sekolahnya," kata dia.

Materi yang diberikan meliputi teori dan praktek lapangan mengenai tugas-tugas PKS, latihan PPPK, PBB, 12 gerakan dasar pengaturan lalu lintas dan senam lalu lintas serta pengenalan gambar jenis-jenis narkotika.

Disebutkan, materi pengenalan tentang peraturan berlalu lintas dan pengenalan gambar jenis-jenis narkotika disampaikan Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Banjar Ipda Muhammad Salahuddin.

Kemudian, teori tugas PKS dan praktek 12 gerakan dasar pengaturan lalu lintas disajikan Ps Paur Subbag Humas Aiptu Suwarji, latihan PPPK oleh anggota unit Dikyasa Aiptu Sutarji dan latihan PBB diberikan Brigadir Ari.

  "Harapan kami, seluruh peserta menyelesaikan pelatihan sehingga mampu menjadi contoh bagi rekan-rekannya disamping mampu menjadi teladan keluarga," ujar Kasat Lantas Polres Banjar AKP Joseph Purba.   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014