Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad menghadiri kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan aparat pemerintah di wilayah Kodim 1003 Kandangan, bertempat di Aula Manunggal, Makodim setempat.

Ia mengatakan, sebagaimana diketahui bahwa di Kalimantan Selatan (Kalsel) mempunyai dua potensi bencana yang menjadi siklus tahunan, yakni musim kemarau yang rawan akan kebakaran dan musim hujan yang rawan akan bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

"Untuk meminimalisir terjadinya bencana, maka Pemkab HSS dan OPD terkait telah melakukan berbagai langkah sebagai upaya misal dengan memaksimalkan seluruh elemen masyarakat untuk peduli, serta menjalin kerjasama dengan aparat TNI dan Polri," katanya, Selasa (14/7).

Baca juga: Wabup HSS ajak seluruh elemen masyarakat persiapkan SDM cegah karhutla

Dijelaskan dia, agar kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana alam yang dilakukan tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan, hal ini penting mengingat di daerah HSS masih terjadi penambahan jumlah COVID-19, yang diperkirakan akan terus bertambah sampai akhir juli nanti,

Diharapkannya agar semua pihak dapat terlibat dan menjadi contoh tauladan di keluarga dan lingkungan masing-masing, dalam upaya penanganan pencegahan dan penggulangan terhadap pandemi COVID-19.

Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, mengatakan bahwa Kegiatan dilaksanakan bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara TNI-AD khususnya Kodim 1003/Kandangan dengan aparat pemerintah di Kabupaten HSS.

Baca juga: Insentif tim medis COVID-19 dari pusat, Pemkab HSS harapkan bisa segera dibayarkan

"Guna membangun persatuan dan kesatuan bangsa serta nilai Pancasila dan wawasan kebangasaan, serta menyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukung sehingga diperoleh kesamaan visi dan persepsi dalam memahami dinamika tugas dan perkembangan situasi saat ini," katanya.

Dalam kegiatan ini juga diisi penyampaian materi oleh Wakapolres Kompol Reinaldo, tentang nilai-nilai Pancasila dan diakhiri materi Kajari HSS Agus Rojitu dengan materi pentingnya Literasi Digital.

Turut hadir dalam kegiatan bertema "Sinergisitas membangun bangsa" ini, Ketua DPRD Kabupaten HSS H Akhmad Fahmi, para kepala SKPD terkait dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan se Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020