Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad  menghadiri apel kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), yang dilaksanakan PT Antang Gunung Meratus (AGM), bertempat di areal pertambangan PT AGM, Site Ida Manggala.

Ia mengatakan, menghimbau dan mengajak seluruh elemen masyarakat agar sejak dini mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peralatan untuk mencegah kemungkinan terjadinya bencana karhutla, kebun dan rumah.

"Kami juga berharap agar kegiatan pencegahan dan penanggulangan karhutla tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan, ini penting mengingat di Kabupaten HSS masih terjadi penambahan jumlah positif COVID-19," katanya, Jum'at (10/7) sore.

Baca juga: Waspada dan antisipasi Karhutla, Pemkab HSS rakor pengendalian

Dijelaskan dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS kemarin sudah melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama stake holder terkait tentang kesiapsiagaan karhutla.

Pada prinsipnya semua pihak telah siap, dan apa yang telah dilakukan PT. AGM juga bagian dari kesiapsiagaan dan bentuk keseriusan dalam penanganan persoalan ini. 

Sebagaimana diketahui PT. AGM memiliki fasilitas dan sarana yang cukup memadai, dan pihaknya berharap partisipasi kalau-kalau nanti ada juga kejadian karhutla, maupun penanganan korban di sekitar areal PT. AGM khususnya, dan wilayah Kabupaten HSS secara umum.

Baca juga: Dewan kritik PT AGM sumbang donasi kecil, ini klarifikasi fakta bantuan perusahaan

Dikesempatan ini, dilakukan penandatanganan fakta integritas dalam upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla di lingkungan kerja PT. AGM disaksikan Wabup HSS dan simulasi kesiapsiagaan karhutla oleh tim tanggap bencana karhutla dari PT AGM.

Turut berhadir, Kepala Teknik Tambang PT AGM Imam Arifianto, manajemen PT AGM dan BSS, Kapolres HSS AKBP Siswoyo, Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, Kepala Satpol PP HSS H. Iwan Friady, BPBD HSS, Camat Sungai Raya Susilo Adianto,dan Camat Padang Batung Heri Utomo.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020