Martapura, (AntaranewsKalsel) - Jajaran Kepolisian Resor Banjar, Kalimantan Selatan, mengantisipasi sejumlah kasus menonjol menjelang pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden pada 9 Juli 2014.


Kepala Kepolisian Resor Banjar AKBP Daru Cahyono di Kota Martapura, Senin, mengatakan pihaknya menyampaikan langkah antisipasi kasus menonjol melalui analisa dan evaluasi (anev) di depan kepala satuan fungsi (Kasatfung) di Polres.

"Seluruh Kasatfung Polres sudah diberikan arahan untuk mengantisipasi kasus-kasus menonjol yang berpotensi terjadi menjelang pilpres sehingga dampaknya bisa dicegah agar tidak semakin meluas," ujarnya.

Disebutkan Kapolres didampingi Kepala Bagian Operasi Kompol Daulat Sipayung, kasus yang diantisipasi adalah bandar narkoba, pelaku tindak pidana/kriminalitas, pengamanan tempat ibadah, TPS dan kantor KPU.

Dijelaskan, antisipasi kasus itu sesuai arahan Kapolri dalam rapat koordinasi nasional pemilu presiden dan wakil presiden yang harus disampaikan kepada personel Polri sampai dengan satuan bawah.

"Sesuai tupoksi Polri maka adanya bandar narkoba, pelaku tindak pidana/kriminalitas, pengamanan tempat ibadah, TPS dan kantor KPU harus diamankan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ucapnya.

Menurut dia, arahan Kapolri itu ditindaklanjuti Kasatfung melalui peran bintara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat dengan memantau setiap perkembangan yang terjadi di lingkungan masyarakat.

"Babinkamtibmas harus mampu mencermati dan memantau setiap perkembangan situasi melalui patroli, meningkatkan inteligen melalui deteksi dini, waspadai peredaran senjata api dan bahan peledak," ujarnya.

Disisi lain, kata dia, meningkatkan kegiatan cipta kondisi melalui koordinasi dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan pemuda serta melaporkan setiap kejadian kepada pimpinan dengan cepat.

Ditambahkan, kerawanan yang bisa muncul menjelang puasa dan lebaran seperti meningkatnya harga sembako, antisipasi pendistribusian sembako juga dijaga agar berlangsung aman dan selamat sampai tujuan.

"Sejauh ini, situasi dan kondisi di tengah masyarakat berjalan kondusif sehingga diharapkan kamtibmas tetap terpelihara agar kehidupan masyarakat semakin baik, tenang dan sejahtera," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014