Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel)- Kelompok masyarakat pecinta pohon menanam ribuan pohon pinang di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.


Ketua kelompok masyarakat pecinta pohon,Drs Akhmad Arifin kepada Antara di Banjarmasin, Rabu menyatakan penanaman pinang tersebut berlangsung tanggal 18 Mei 2014.

Penanaman pertama dilakukan di Median Jalan Trikora Banjarbaru hingga simpang tiga Cempaka sebanyak 1500 pohon dengan jarak tiga meter dan tinggi bibit pinang yang ditanam satu meter atau berusia sekitar dua tahun.

Penanaman kedua sebanyak 400 pohon di Jalan Haji Idak, dan 400 pohon lagi di Liang Anggang dekat pabrik Indomie, kata Akhmad Arifin.

Dengan adanya penanaman tersebut berarti jumlah bibit pinang yang ditanam sudah sekitar 7000 pohon, sebelumnya sekitar lima bulan lalu juga ditanam di Asrama Haji Landasan Ulin sebanyak 200 pohon, kemudian setahun lalu di tanam pinggiran Bandara Syamsudin Noor.

Bukan hanya di lokasi tersebut, masyarakat pecinta pohon yang juga tergabung dalam Forum Komunitas Hijau (FKH) Banjarmasin ini sudah pula menanam ribuan pohon di beberapa lokasi Banjarmasin, seperti di Jalan Masjid Jami Sungai Jingah, Jalan Sudirman,Jalan Pramuka, Jalan Brigjen Hasan Basri, serta di wilayah Gambut Kabupaten Banjar.

Menurut Arifin penanaman itu murni swadaya dan tujuannya semata untuk penghijauan dan keindahan kota.

"Pohon pinang sangat baik di tanam pinggir jalan karena pohonnya tegak lurus, tanpa bercabang hingga tak menggangu pandangan lalu lintas dan akarnya kuat sehingga tak mudah roboh," katanya.

Selain itu, memasyarakatkan pohon pinang karena jenis tanaman ini sangat banyak manfaatnya, selain penghijauan, buahnya sebagai komoditi ekspor dan bermanfaat pula sebagai obat-obatan tradisional. ***3***

(T.H005/B/E008/E008) 28-05-2014 11:36:33

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014