Martapura, (AntaranewsKalsel) - Calon presiden Joko Widodo mengunjungi makam ulama besar Kalimantan Selatan KH Muhammad Zaini Abdul Ganie di Kota Martapura, Minggu petang dalam rangkaian kunjungannya ke provinsi setempat.


"Mendengar tausiyah dan wejangan saja," itu lah ucapan singkat Jokowi saat ditanya wartawan mengenai tujuan kunjungannya ke makam ulama terkenal di Kalsel itu.

Jokowi dan rombongan tiba di Mushola Ar Raudah Jalan Sekumpul Martapura yang merupakan satu komplek dengan makam ulama kharismatik itu usai adzan Magrib pukul 18.32 Wita.

Capres yang didukung PDIP dan tiga partai politik lainnya mengenakan peci hitam, baju putih dan celana hitam yang langsung diserbu jemaah laki-laki dan anak-anak yang ingin bersalaman.

Tanpa ragu, Jokowi menyalami jemaah yang berebutan menyalami sambil melangkah ke dalam ruang induk mushola yang sudah dipenuhi ratusan jemaah untuk menunaikan shalat Maghrib berjamaah.

Begitu memasuki ruang induk mushola, Jokowi langsung menuju tempat di belakang imam mengikuti shalat Maghrib berjemaah bersama ratusan jemaah yang siap mengikuti Maulid Habsy rutin di tempat itu.

Usai shalat Maghrib, Jokowi yang didampingi pengurus PDIP dan PKB Kalsel makam ulama yang akrab disapa Guru Sekumpul tak jauh dari ruang induk mushola dan berdoa di depan makam.

Tak berselang lama, Jokowi keluar menuju pintu samping ke arah mobil Toyota Innova warna putih yang telah menunggunya di halaman mushola tersebut dan masih dikejar puluhan jemaah yang ingin bersalaman.

Selanjutnya, Jokowi dan rombongan menuju kediaman ulama Irsyad Zen di Desa Dalam Pagar Martapura dan setelah itu langsung menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Kota Banjarbaru menuju Jakarta.

Sebelum ziarah ke makam Guru Sekumpul, Jokowi mengunjungi beberapa tempat di Kota Banjarmasin dilanjutkan kunjungan ke Martapura, ibukota Kabupaten Banjar yang berjarak sekitar 40 kilometer.

Saat tiba di Martapura pukul 17.00 Wita, Jokowi disambut hujan deras dan singgah di Masjid Pancasila untuk shalat Ashar kemudian menuju tempat pengajian Guru Wildan di Kelurahan Tanjung Rema Martapura.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014