Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) selaku Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) HSS, dr Siti Zainab menyampaikan ada penambahan lima kasus terkonfimasi positif COVID-19 di HSS, per Selasa (23/6).

Ada penambahan lima kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga total kasus menjadi 60, selain itu ada peningkatan jumlah kesembuhan menjadi sepuluh, dua orang pasien positif sembuh dan sudah diperbolehkan pulang sore ini.

"Total kasus terkonfirmasi positif 60 orang, 44 orang diantaranya dalam perawatan, sepuluh orang sembuh, dan enam orang meninggal dunia, Pasien Dalam Perawatan (PDP) empat orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) dalam proses 15 orang," katanya, dalam keterangan resmi gugus tugas.

Dijelaskan dia, untuk penambahan kasus empat orang dari warga Kecamatan Kandangan, dan satu dari Telaga Langsat, dengan rincian, Pertama, perempuan(60) HBS-100 dari Desa Amawang Kanan, Kecamatan Kandangan di mana sebelumnya merupakan Pasien Dalam Perawatan (PDP).

Baca juga: Miliki mesin TCM, RSUD Kandangan lebih cepat dapatkan hasil Swab

Kedua, perempuan(70) HBS-98 dari Kelurahan Kandangan Kota,  Kecamatan Kandangan (sebelumnya PDP), ketiga, perempuan(70) HBS-77 dari Desa Hamak Utara, Kecamatan Telaga Langsat (sebelumnya PDP).

Keempat, perempuan(31) dari Desa Sungai Kupang, Kecamatan Kandangan, kelima, perempuan(35) HBS-101 dari Desa Amawang Kiri, dari Kecamatan Kandangan.

"Konfirmasi positif ini dari tes swab yang telah keluar hasilnya, tiga dari Tes Cepat Molekuler (TCM) RSUD Kandangan dan dua lainnya dari Polymerase Chain Reaction (PCR) Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru," katanya.

Sementara untuk dua pasien positif COVID-19 sembuh dan kembali dipulangkan sore ini, pasien HBS-80 dari Kelurahan Kandangan Barat dan pasien HBS-81 dari Kecamatan Angkinang.

Baca juga: Satu pasien positif COVID-19 HSS sembuh, Sekda minta agar karantina 14 hari di rumah

Kepulangan keduanya dilepaskan Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjen H Hasan Basry Kandangan dokter Yunirisna Badriatun, dan Wakil Direktur Administrasi dan Keuangan M. Arifin, di Lobby Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Adapun untuk empat PDP yang masih dirawat empat orang dengan rincian HBS-93 laki-laki(50) dari Desa Wasah Tengah, Kecamatan Simpur, RDS-15 perempuan (10) Desa Angkinang, Kecamatan Angkinang.

Selanjutnya,  HBS-99 perempuan (54) dari Desa Angkinang, Kecamatan Angkinang, RDS-22 perempuan (28) dari Desa Tambangan, Kecamatan Daha Selatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020