Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Hulu Sungai Selatan (HSS) AKBP Siswoyo, menyampaikan agar masyarakat jangan takut dan ragu untuk melaporkan pelaku pembakaran hutan dan lahan, dalam kegiatan apel kesiapsiagaan karhutla tahun 2020 di PT Surya Langgeng Sejahtera (SLS).

Ia mengatakan, agar relawan, termasuk tim Tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (TKTD) dan satgas PT SLS bisa terus semangat dan jangan takut karena pihaknya mengawal kalau ada ancaman dan lainnya dari mereka yang membakar hutan dan lahan.

"Jangan takut melapor dan kita akan segera back up, supaya yang membakar mendapatkan tindakan tegas, sudah ada contohnya tahun tahun ada tiga kasus yang telah kita proses dan diamankan," katanya, saat memberi sambutan, Jum'at (19/6) lalu.

Baca juga: Video - Siapsiaga Karhutla, PT SLS penuhi SDM dan peralatan lebih dari standar

Dijelaskan dia, dari tiga kasus yang diproses itu sudah ada satu orang yang divonis satu tahun, jadi jangan ragu ada apabila ada melihat atau tertangkap tangan dan ia mengajak untuk sama-sama mengamankan agar tidak terjadi karhutla.

Pihaknya juga mengapresiasi dengan kesiapan PT SLS dalam menghadapi karhutla sebagaimana yang disampaikan Administratur PT SLS Sugito, bahwa perusahaan telah siap baik dari personil maupun peralatan melebihi standar yang telah ditetapkan.

Harapan dia dengan persiapan ini maka penanggulangan karhutla akan berhasil dengan baik, terutama bisa menekan terjadinya karhuta di areal perkebunan sawit miliki PT SLS khususnya.

Pihaknya juga telah melaksanakan apel kesiapsiagaan karhutla di Kandangan beberapa waktu lalu, ini bukti semua pihak juga mempersiapkan jauh-jauh hari karena karhutla menjadi perhatian bersama, seperti dari Presiden RI, Kapolri dan Panglima TNI.

Baca juga: Atasi penyumbatan sungai, PT SLS komitmen selesaikan jembatan minggu ini

Penanggulangan karhutla menjadi perhatian semua pihak dan tidak bisa disepelekan, karena dampak karhutla menyangkuat kerugian yang sangat besar, baik asap, lahan dan tanaman, maka TNi dan Polri siap bantu dan mendukung untuk bersama -sama mencegah dan menghadapi terjadinya karhutla.

Komitmen bersama telah ditandai dengan terbitnya maklumat larangan karhutla yang ditandatangani Bupati HSS H Achmad Fikry, Dandim Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartoo dan Kapolres HSS.

"Maklumat tersebut akan disebar dan disosialisasikan kepada masyarakat dengan maksud dan tujuan agar masyarakat mengetahui bahwa dilarang atau tidak diperbolehkan bakar hutan dan lahan," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020