Banjarmasin, (Antaranews Kalse) - Di Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimatan Selatan, hanya Partai Bulan Bintang (PBB) yang tak kebagian kursi DPRD setempat dari hasil Pemilu legislatif tahun 2014.


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tala H Kamaruzaman di Pelaihari (ibu kota kabupaten tersebut, 65 timur Banjarmasin), Rabu mengungkapkan, semua partai politik peserta Pemilu 2014 mendapat kursi DPRD setempat, kecuali Partai Bulan Bintang.

Sejumlah partai politik (parpol yang mendapatkan kursi DPRD Tala itu, terbanyak dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) delapan, selanjutnya Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) lima kursi.

Kemudian Partai Golkar dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang merupakan pendatang baru pada Pemilu 2014 masing-masing mendapatkan empat kursi.

Selain itu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masing mendapatkan tiga kursi, menyusul Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) masing-masing dua kursi.

Sedangkan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mendapat satu dari 35 keanggotaan/kursi DPRD "Bumi Tuntung Pandang" Tala tersebut, ungkapnya menjawab Antara Kalsel di Banjarmasin lewat telepon selular.

Pada Pemilu legislatif 2014 Bumi Tuntung Pandang yang merupakan daerah penerima transmigrasi itu tercatat 338.440 orang pemilih tersebar di 11 wilayah kecamatan atau empat daerah pemilihan (dapil), demikian Kamaruzaman.

Komunitas wartawan parlemen atau Journalist Parliament Community (JPC) Kalsel dalam diskusinya menyatakan, tak aneh kalau PDI-P mendapat kursi terbanyak di DPRD Tala.

Pasalnya Tala yang dulu terkenal dengan ladang sapi serta perkebunan cengkeh dan tebu tersebut merupakan kantong atau daerah basis parpol berlambang kepala sapi moncong putih itu.

Oleh karena itu pada periode lima tahun lalu, Bupati dan Ketua DPRD Tala dipimpin PDI-P, dan bahkan "ayah beranak" (Bupati H Adriansyah/ayahnya dan Ketua DPRD Tala Bambang/anaknya).

Adriansyah yang akrab disapa Aad kini Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDI-P Kalsel dan Bambang selain Bupati Tala, juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI-P kabupaten tersebut.

Begitu pula kalau parpol berlambang kepala burung garuda tersebut mendapat jumlah terbanyak kedua di DPRD Tala, karena kabupaten yang memiliki banyak perkebunan besar serta nelayan yang melaut itu, juga salah satu basis usaha boss Gerindra Kalsel H Abidin.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014