Community Development Officer (CDO) PT Subur Agro Makmur (SAM) Sujito, menyampaikan perusahaan tempatnya bekerja telah menyalurkan banyak bantuan, termasuk untuk warga yang terdampak COVID-19 di wilayah Daha.

Ia mengatakan, tidak hanya bantuan tersebut dikhususkan di Kecamatan Daha Barat, yang merupakan lokasi perkebunan sawit yang merupakan anak usaha dari Astra Agro Lestari tersebut, tapi juga untuk para warga di dua kecamatan lainnya, yakni Kecamatan Daha Utara dan Daha Selatan.

"Administratur PT Subur Agro Makmur (SAM) Erwin Ristiyanto, secara langsung telah menyerahkan bantuan berupa ratusan paket sembako dalam program "Nurani Astra Berbagi Untuk Negeri"," katanya, saat memberikan keterangan melalui sambungan telepon, Rabu (11/6) malam.

 


Baca juga: Peduli COVID-19, PT Subur Agro Makmur berikan bantuan kepada Pemkab HSS

Dijelaskan dia, bantuan tersebut diserahkan admnistratur kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), dan simbolis diterima langsung Bupati HSS H Achmad Fikry, di kantor bupati beberapa waktu lalu.

Penyerahan bantuan ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian bersama untuk menangani dan membantu warga terdampak COVID-19, diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi COVID-19, serta bentuk upaya saling menguatkan menghadapi pandemi.

Selain bantuan ratusan paket sembako untuk warga , PT SAM  telah pula berpartisipasi untuk mendukung program pemerintah dalam penangangan COVID-19 di Kabupaten HSS, seperti telah memberikan bantuan masker, serta alat semprot Disinfektan.

Pernyataan ini dirasa perlu pihaknya sampaikan, terkait dengan pernyataan anggota DPRD HSS komisi III Muhlis Ridani, bahwa perusahaan seperti PT SAM sebagai salah satu perusahaan berskala nasional dan berinvestasi di HSS, tidak ikut berperan dalam berdonasi dan berkontribusi dalam penangangan COVID-19 di HSS.

Sekretaris Daerah (Sekda) HSS HM Noor, mengatakan memang kalau bentuk sumbangan terserah kepada pemberi sumbangan untuk menyerahkan jumlah dan besaran donasi yang diberikan, termasuk dari donasi dari beberapa perusahaan besar yang beroperasi di HSS.
 

Penyerahan bantuan dari PT Subur Agro Makmur (antaranewskalsel.com/Fathurrahman/Diskominfo HSS)

Baca juga: PT SAM tutup jalur masuk ke perusahaan, cegah COVID-19

"Sesuai dengan kemampuan mereka seperti apa, kami dari Pemkab HSS tetap berterima kasih karena memang sudah ada sumbangan, baik diserahkan langsung atau dikelola sendiri," katanya.

Menurut dia, partisipasi baik dari PT Antang Gunung Meratus (AGM) maupun dari PT SAM sudah menyerahkan bantuan dalam penanganan COVID-19, dan pihak perusahaan menyerahkan kepada masyarakat terdampak atau bentuk bantuan lainnya, seperti kepada puskesmas berupa Alat Pellindung Diri (APD).

Partisipasi semua pihak dalam menangani bersama dampak COVID-19 sangat terasa kebersamaannya, bantuan dari pihak ketiga baik dari perusahaan, partai politik, perseorangan tentunya mendukung upaya pemerintah dalam menghadapi pandemi ini.

Penyerahan bantuan dari PT Subur Agro Makmur (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020