Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan  H Sukamta bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)  Kabupaten menyaksikan secara langsung pelaksanaan  Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual, di Ruang Rapat Barakat, Kantor Sekretariat Daerah Tanah Laut, Senin (1/6).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual tersebut  dipimpin secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Ruang Garuda Istana Kepresidenan Bogor.

Presiden menyampaikan, peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan di tengah pandemi virus corona atau COVID-19. 

Musibah ini, menurut dia, menguji daya juang, pengorbanan, kedisiplinan, kepatuhan dan ketenangan seluruh elemen bangsa.

Di tengah situasi sulit, Presiden bersyukur Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan persatuan dalam mengatasi seluruh tantangan

"Kita bersyukur Pancasila tetap jadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya, menggerakkan persatuan kita, dalam mengatasi semua tantangan, menggerakkan kepedulian kita saling berbagi, memperkokoh kesaudaraan dan kegotongroyongan kita untuk meingankan beban seluruh anak negeri, dan menumbuhkan daya juang menghadapi kesulitan yang kita hadapi," kata Jokowi.

Sementara itu,  Bupati Tanah Laut Sukamta mengungkapkan,  meskipun hanya bisa menyaksikan upacara tersebut secara virtual tapi tidak mengurangi spirit Pancasila dan nasionalisme.

"Saya bersama unsur Forkopimda Tanah Laut menyaksikannya secara online melalui tayangan video, karena wabah COVID-19 ini banyak yang berubah bahkan upacara peringatan hari lahir Pancasila ini. Semoga semua dapat kembali seperti semula dan kecintaan kita kepada Pancasila selalu terjaga," ujarnya. 

Sukamta pun meminta masyarakat Tanah Laut agar mengamalkan nilai-nilai pancasila  dan gotong royong ditengah pandemi,  agar masyarakat saling bahu membahu untuk membantu satu sama lain. 

Pada kegiatan tersebut turut hadir Ketua DPRD Tanah Laut Muslimin, Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi, Dandim 1009 Pelaihari Letkol Inf Adi Yoga Susetyo, Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Laut  Abdul Rahman, Ketua Pengadilan Negeri Pelaihari Ita Widyaningsih dan Sekretaris Daerah Tabah Laut H Dahnial Kifli. 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020