Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), dokter Siti Zainab, menyampaikan dari rapid test massal terhadap 297 pedagang yang dilakukan di Pasar Kandangan, hasil tiga orang diantaranya reaktif.

Ia mengatakan, tes massal dilakukan dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai penularan COVID-19 di Kabupaten HSS, terutama yang bisa terjadi di pasar, rapid test dilakukan kepada pedagang pakaian, konveksi dan plastik.

"Total orang dirapid tes hari ini Selasa (19/5) sejak pagi jam 09.00 Wita sebanyak 297 orang, 294 orang non reaktif dan tiga reaktif," katanya, dalam keterangan resmi Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten HSS.

Baca juga: Hasil rapid test 256 pedagang Pasar Negara semuanya nonreaktif

Dijelaskan dia, untuk titik lokasi pengambilan rapid tes di pasar Kandangan, antaralain di Blok B, ‎Blok C, Kali Mati, Amandit Taman, Amandit Tengah, Amandit Depan, dan Lantai II.

Rincian hasil dari rapid test perlokasi antaralain, Los Batu Blok B Rapid 35 orang hasil Non Reaktif 35 orang,  Los Batu Blok C Rapid 37 orang hasil - Reaktif satu orang dan Non Reaktif 36 orang.

Lokasi Kali Mati Rapid 35 orang hasil Non Reaktif 35 orang, Amandit 1 di Taman Rapid 45 orang hasil Reaktif  satu orang dan Non Reaktif 44 orang, Amandit di bagian tengah rapid  35 orang hasil reaktif masih samar satu orang dan non reaktif  34 orang.

Baca juga: Empat PDP dirawat di HSS, dua diantaranya rujukan dari Banjarbaru dan HST

Amandit 2 depan bak ikan Rapid 40 orang hasil non Reaktif 40 orang, Los Batu Lantai 2 Rapid 35 orang hasil Non Reaktif 35 orang, dan terakhir bak beras Rapid 35 orang hasil non reaktif  35 orang.

Ditambahkan dia, untuk mereka yang hasil tes reaktif maka harus melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari, karena menolak untuk dikarantina di bangunan eks RSUD Kandangan, dan apabila menolak karantina dan masih beraktifitas di luar seperti biasa maka akan dilakukan penjemputan.

Nantinya, untuk mereka yang reaktif dan menjalani karantinma akan dilakukan tindakan medis selanjutnya berupa tes swab PCR, dan dinformasikan juga sebelumnya pihaknya juga telah melakukan tes massal di Pasar Negara Daha Selatan dengan hasil semuanya non reaktif.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020