Oleh Yose Rizal

Martapura, (Antaranews Kalsel) - Bupati Kabupaten Banjar Khairul Saleh mendorong dilakukannya inovasi bidang perikanan melalui penciptaan teknologi tepat guna yang ramah lingkungan.

"Kami minta Dinas Kelautan dan Perikanan terus berinovasi dengan menciptakan teknologi tepat guna yang ramah lingkungan sehingga sektor perikanan semakin maju dan berkembang," ujarnya di Martapura, Jumat.

Apalagi, kata dia, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, berhasil meraih penghargaan terbaik I tingkat nasional yang diberikan Kementerian Kelautan dan Perikanan karena berhasil mengembangkan budidaya perikanan dalam program minapolitan.

Menurut dia, prestasi nasional yang telah diraih harus semakin mendorong jajaran DKP Banjar mempertajam program-progam kebijakan pembangunan perikanan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Caranya dengan mengembangkan budidaya perikanan lokal disamping terus mengembangkan program minapolitan dengan menciptakan teknologi tepat guna yang ramah lingkungan," kata kepala daerah dua periode itu.

Dikatakan bupati, sektor perikanan memiliki potensi yang sangat besar jika dikembangkan karena Kabupaten Banjar mempunyai lahan yang luas sehingga bisa digunakan untuk budidaya maupun perikanan tangkap.

"Seluruh potensi tersebut harus bisa dimanfaatkan melalui berbagai program bidang perikanan baik budidaya maupun perikanan tangkap karena sangat besar perannya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Banjar Noor Ifansyah Fani mengatakan, pihaknya akan menjalankan apa yang diintruksikan bupati melalui pengembangan budidaya perikanan lokal maupun program minapolitan.

"Program Minapolitan merupakan program andalan bidang perikanan dan kami terus berupaya agar program itu terus berkembang, sedangkan budidaya perikanan lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Ditambahkan, keberhasilan program minapolitan sehingga mampu meraih prestasi terbaik tingkat nasional tidak terlepas dari dukungan masyarakat perikanan termasuk pelaku usaha perikanan bekerjasama dengan DKP.

"Keberhasilan program minapolitan juga berkat perhatian dan dukungan kepala daerah yang menaruh perhatian besar bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui sektor perikanan," katanya.

Penghargaan nasional yang diraih Kabupaten Banjar adalah Adi Bakti Mina Bahari diberikan Kementerian Kelautan dan Perikanan karena berhasil mengembangkan budidaya perikanan melalui program minapolitan.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014