Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, menyambut kedatangan satu pasien COVID-19 dengan kode HBS-6 laki-laki (69) dari Kecamatan Daha Utara, yang telah dinyatakan sembuh, setelah menjalani perawatan selamat 16 hari di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin.

Ia mengatakan, sebelumnya pasien ini dikirim ke RSUD Ulin Banjarmasin karena berstatus positif COVID-19 dan telah menjalani perawatan dinyatakan sembuh, atas nama pemerintah daerah pihaknya mengucapkan terima kasih kepada RSUD Ulin Banjarmasin karena telah merawat pasien.

"Alhamdulillah, karena pasien ini telah dinyatakan sembuh dan negatif maka akan kembali  pulang ke rumah, dan serah terima kita laksanakan di sini, sekaligus kita memberikan pesan-pesan kepada beliau," katanya, saat memberikan keterangan di Dinas Kesehatan (Dinkes) HSS, Minggu (3/5) sore.

Baca juga: Jubir Gugus Tugas COVID-19 : ODP HSS turun menjadi 25 orang

Dijelaskan dia, pasien yang dinyatakan sembuh ini selama 14 hari dipesankan agar melaksanakan isolasi mandiri di rumah, dan kepada anak pasien juga telah diberitahu tentang penggunaan piring, cangkir dan lainnya selama masa isolasi tersebut.

Selain itu, pasien ini dikenal memiliki banyak murid maka selama isolasi agar tidak menerima tamu atau murid, kalau si pasien jelas tidak keluar rumah karena masa isolasi maka para murid juga agar tidak datang.

Hal ini dilakukan agar isolasi mandiri dapat maksimal dan pasien dapat sembuh total, juga bentuk ikhtiar diiringi do'a dan berserah diri kepada Allah SWT, dan dengan pulangnya satu pasien ini, maka masih ada dua pasien yang dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin.

"Jadi masih ada dua pasien yagn dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin dan satu pasien yang dirawat di RSUD Kandangan, juga diinformasikan kondisi masing-masing pasien semakin membaik," katanya.

Baca juga: Warga HSS belum terdata BLT dan kebutuhan dasar tak terpenuhi, segera melapor

Adapun untuk pasien yang dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin, pasien kode HBS-5 laki-laki (34) dari Kecamatan Daha Selatan dan HBS-9 laki-laki (42) Padang Batung, sementara satu pasien HBS-15 laki-laki (42) dari Daha Barat dirawat di RSUD Kandangan.

Turut hadir, Sekretaris Daerah HSS Muhammad Noor, Kepala Dinas Kesehatan HSS Siti Zainab, Direktur RSUD Kandangan Hj Rasyidah. Plt Kadiskominfo HSS Sasmi Rifani, Kabag Protokol Kehumasan Setda HSS Eko Harjidi Putra.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020