Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, menyampaikan jika belum masuk terdata Bantuan Langsung Tunai (BLT) baik yang dari Kementerian Sosial maupun yang dari dana desa, bagi masyarakat HSS yang berhak menerima serta tidak bisa memenuhi kebutuhan dasar, untuk segera melapor ke pemerintah daerah.

Ia mengatakan, berharap masyarakat agar jujur, terutama untuk warga HSS yang terdampak COVID-19 tidak masuk data BLT, dan merasa betul-betul tidak mampu dalam memenuhi kebutuhan dasarnya maka tidak usah diperdebatkan‎.

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 HSS: Masyarakat agar lebih bijak menggunakan media sosial

“Laporkan kepada kami, setelah diverifikasi bantuan akan langsung diberikan, jangan berdebat lagi, karena masalah tak akan pernah selesai,“ katanya, dalam konferensi pers mekanisme penyaluran BLT, bertempat di aula Ramu, kantor bupati setempat, kemarin.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten HSS, Nordiansyah, mengatakan program BLT Kementerian Sosial telah mengusulkan dan data yang valid ‎sebanyak 9.489 dan telah BLT tersebut telah disalurkan.

Penyaluran melalui Bank BRI sebanyak 326 Kepala Keluarga (KK) dan Bank BNI sebanyak 562 KK, maka total BLT dari Kementerian Sosial yang telah disalurkan sebanyak 888 KK.

Baca juga: Hari buruh internasional, diisi semangat kebersamaan melawan COVID-19

Dijelaskan dia, untuk masyarakat yang belum terdata dan benar-benar terdampak COVID-19, dan tidak bisa memenuhi kebutuhan dasar, segera melapor kepala pemerintah daerah, dan pemerintah akan memberikan bantuan dan tidak dalam bentuk BLT, tapi bantuan kebutuhan dasar.

Untuk pelaporan dapat melalui Dinas Sosial HSS yang telah membuka layanan masyarakat, baik dinsoshss@yahoo.co.id atau lewat WA atau SMS 085387223330, atau sampaikan langsung ke Pusat Pelayanan PMKS "Rumah Biru Sehati", Kantor Dinas Sosial HSS, Jalan Kamboja Nomor 3 Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020