Suasana haru bercampur bahagia mengiringi pemulangan pasien COVID-19 dengan kode  HB -02 BL asal Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan yang telah dinyatakan sembuh dari virus corona, setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hadji Boejasin Pelaihari, Senin (20/4).

Kepulangan HB-02 BL sendiri langsung dilepas Bupati Tanah Laut H Sukamta dan dijemput langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan  Erwan Karya Mega Latif, di Halaman RSUD Hadji Boejasin Pelaihari, Kelurahan Sarang Halang.

Terlihat para Petugas medis ruang isolasi COVID-19 berdiri berjajar menyambut keluarnya HB -02 BL dari ruang isolasi menggunakan kursi roda yang didorong oleh salah satu petugas medis berpakaian alat pelindung diri (APD) lengkap.

Pria berusia 60 tahun langsung mendapatkan tepuk tangan dari para petugas medis dan jajaran RSUD Hadji  Boejasin.

HB -02 BL tak kuasa menahan tangis, sambil menadahkan tangan dirinya tak henti-hentinya berdo’a sembari mengucapkan syukur.

Bupati Tanah Laut  HSukamta mengaku sangat bersyukur karena salah satu pasien positif virus corona di RSUD Hadji Boejasin dapat sembuh.
Dia mengapresiasi  kinerja dan usaha dari petugas medis dan jajaran RSUD Hadji Boejasin yang telah memberikan perawatan terbaik untuk pasien tersebut.

"Kita berikan apresiasi setinggi-tingginya kinerja dari seluruh petugas medis dan jajaran RSUD Hadji Boejasin Pelaihari  yang telah menyelamatkan nyawa seseorang. Kalian telah berjuang keras menyelamatkan para pasien. Semoga keyakinan kita semakin kuat demi kesembuhan pasien yang lainnya," ujar Sukamta.

Sukamta juga mengingatkan, pengidap COVID-19 bukanlah aib, jangan dijauhi atau dikucilkan, justru orang-orang yang terpapar virus corona harus dibantu  dan didukung secara gotong royong di masyarakat.

"Penyakit ini bisa sembuh, orang yang terpapar COVID-19 ini harus kita bantu, keluarganya kita bantu jangan dikucilkan tidak perlu dikucilkan, bahkan harus dibantu secara gotong royong untuk menunjang kehidupan keluarganya," ucap Sukamta.

Dia menambahkan, saat ini masih ada dua pasien positif virus corona di RSUD Hadji Boejasin Pelaihari dengan kode HB -01 TB dan HB -03 TB yang masih menjalani perawatan.

"Saya ingin kita berdoa bersama-sama untuk kesembuhan dua pasien tersebut, semoga menyusul pasien dari Kabupaten Balangan ini yang bisa sembuh dan kembali ke daerah asalnyam," harap Sukamta.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Balangan  Erwan Karya Mega Latif mengatakan, dirinya mewakili Bupati Balangan serta seluruh masyarakat Kabupaten Balangan mengucapkan terimakasih kepada RSUD Hadji Boejasin karena telah merawat dan melayani warganya yang positif COVID-19 sampai sembuh.

"Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada petugas medis dan jajaran RSUD Hadji Boejasin karena telah merawat pasien kami sampai dengan sembuh," ujar Erwan.

Erwan juga menambahkan, pihaknya  akan mensosialisasikan kepada masyarakat pasien sudah  sembuh dari COVID-19 agar bisa diterima kembali di masyarakat.

"Kami akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat,  pasien sembuh dari COVID-19 sudah tidak menularkan virus corona lagi dan bisa kembali diterima di masyarakat," jelasnya.

Namun Erwan mengungkapkan, HB -02BL akan menjalani proses penstabilan kondisi kesehatan terlebih dahulu dibawah pengawasan Dinas Kesehatan Balangan.

Pada pelepasan pasien COVID-19 yang telah sembuh tersebut turut hadir Dandim 1009 Pelaihari Letkol Inf Adi Yoga Susetyp, Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Laut Hj Nina Sandra dan  Direktur RSUD Hadji Boejasin Pelaihari Isna Farida.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020