Dinas Sosial Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan akan kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa paket.sembako bagi warga kurang mampu yang terdampak wabah Virus Corona (COVID 19).

Bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK tahun ini sudah disalurkan sebanyak 129 paket sembako bagi kader PKK yang tingkat ekonominya rendah.

"Insya Allah nanti akan kita salurkan kembali bantuan paket sembako bagi warga kurang mampu lainnya yang terdampak COVID 19," ujar Kepala seksi pengelolaan Darta dan PFM Dinsos HSU Muhammad Zaky Mubarak di Amuntai, Jum'at.

Zaki mengatakan, program bantuan paket sembako ini sebenarnya rutin dilaksanakan Dinsos HSU setiap tahun khususnya bagi warga kurang mampu yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
 
Wakil Ketua PKK HSU menyerahkan paket sembako kepada kader. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Hanya saja momentnya tahun ini bertepatan dengan kondisi sulit akibat adanya wabah COVID 19 sehingga sangat membantu warga kurang mampu yang pastinya turut terdampak akibat terjadinya wabah.

Zaky menginformasikan untuk penyaluran paket sembako akan disalurkan untuk wilayah perkotaan dan perdesaan.

"Penyaluran paket sembako perdesaan sebanyak 387 paket yang disalurkan dalam tiga kali kegiatan, sedangkan untuk perkotaan sebanyak 360 paket sembako juga dalam tiga kali kegiatan penyaluran," terangnya.

Paket bantuan sembako yang disalurkan sudah termasuk 129 paket yang disalurkan kepada kader PKK. Penyaluran dilakukan melalui Dinas Sosial sebagai perpanjangan tangan dari Kementerian Sosial agar bantuan tepat sasaran.

Berdasarkan rapat koordinasi Kementerian Sosial dengan para Gubernur, walikota dan bupati melalui video teleconference yang juga turut diikuti Bupati HSU H Abdul Wahid HK dan Kepala Dinsos HSU Rizali Eswansyah di Mess Negara Dipa Amuntai, Kamis (16/4) Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyampaikan akan menyalurkan paket sembako bagi masyarakat Kalsel terdampak COVID 19 sebanyak 170.000 paket.






 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020