Kepala Bidang Keluarga Berencana, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Syahril Sufian, menyampaikan program KB tetap dilaksanakan namun untuk penyuluhan terbuka ditiadakan.

Ia mengatakan, langkah ini dilakukan dalam mencegah penularan virus Corona (COVID-19), penyuluhan tetap dilakukan secara daring atau online, memanfaatkan media sosial dan telah disosialisasikan bahan penyuluhan tersebut kepada para kader KB di wilayah kerja masing-masing.

"Komunikasi dengan para petugas di lapangan pun saat ini kita lakukan dengan melakukan Video Conference (Vicon), memakai aplikasi yang mendukung sehingga koordinasi tetap terjalin," katanya, di Kandangan, Selasa (7/4) pagi.

Baca juga: Mobil penerangan Dinas PPKBPPPA HSS keliling sosialisasi pencegahan Corona

Dijelaskan dia, penyuluhan KB walaupun di tengah masalah wabah virus tetap dibutuhkan, karena bagaimana pun ada kekhawatiran adanya kehamilan dan lainnya terkait persoalan kependudukan, selain juga memberikan edukasi bagi masyarakat agar tetap menggunakan pil dan kontrasepsi KB lainnya.

Untuk ketersediaan pil KB mencukupi dan ini bisa menjadi alternatif bagi mereka yang selama ini menggunakan metode suntik, karena kalau pelayanan suntik KB di fasilitas kesehatan juga dalam kondisi seperti ini dibatasi, sebab bersedia atau tidaknya memberikan layanan harus menghubungi tenaga kesehatan lebih dahulu.

Apabila tidak memungkinkan mendapatkan layanan KB Suntik, bisa sementara digantikan dengan pil KB, dan Pil KB bisa didapatkan melalui Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) yang dibolehkan membagikan pil, pil berasal dari gudang dinas didistribusikan atau bisa dibon kader di klinik.

Baca juga: Tanggap darurat Corona HSS, pil dan kontrasepsi KB tersedia cukup

"Kami juga sekaligus menyampaikan kabar gembira dan mohon do'a untuk kelancaran prosesnya, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry tahun ini kita usulkan kembali menjadi salah satu peraih penghargaan bidang KBPPK Satya Wira Karya," katanya.

Ditambahkan dia, usulan penghargaan sudah masuk dan menunggu tahapan selanjutnya, penghargaan ini tidak lepas dari dukungan beliau sebagai Ketua TP PKK HSS dalam mendukung kesuksesan pelaksanaan program KB di daerah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020