Mobil Unit Penerangan (MUPEN) Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKPPPA) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) berkeliling melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Virus Corona Covid-19.

Kepala Dinas PPKBPPPA HSS Hj Is Susilastuti, di Kandangan, Senin (30/3), mengatakan kegiatan sosialisasi dilakukan bersama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo HSS).

"Sosialisasi dititikberatkan pada penyampaian himbauan pemerintah melalui Gugus Tugas Penanggulangan Wabah Covid-19 Kabupaten HSS, serta Himbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS," katanya.

Baca juga: Sikapi Tanggap Darurat Corona, RTH dan taman bermain HSS ditutup penuh

Dijelaskan dia, masyarakat HSS dihimbau dan diingatkan perihal dalam kondisi pandemi wabah corona ini, agar bersama-sama melaksanakan pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona, melalui pola hidup bersih dan sehat pada aktivitas keseharian.

Kebiasaan bersih dan sehat yang dilakukan seperti, selalu cuci tangan dengan sabun di air mengalir secara rutin, konsumsi makanan bergizi dan seimbang,
hindari menyentuh wajah (mata, hidung dan mulut) sebelum cuci tangan.

Sebisa mungkin tetap di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak, hindari kegiatan luar rumah yang berpotensi berkumpul atau kontak langsung dengan orang banyak, kecuali jika itu sangat penting atau bersifat darurat.

Baca juga: Antisipasi penularan Corona, guru di HSS tidak perlu absensi ke sekolah

"Gunakan masker ketika sakit, baik batuk atau flu atau saat merasa tidak enak badan, jaga jarak minimal satu meter dengan orang lain ketika bertemu dan segera periksa ke sarana pelayanan kesehatan terdekat, seperti puskesmas atau rumah sakit," katanya.

Masyarakat jangan lupa bahwa mencegah penyakit, itu lebih baik daripada mengobati, dan mengharapkan masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik, selalu waspada, siaga dan jangan lupa berikhtiar serta berdo'a kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Harapan dia, dengan izin dan rahmatNya, agar semua dapat melewati ujian ini dan terhindar dari wabah Corona dengan segala dampak yang ditimbulkannya, serta agar tidak lama lagi  semuanya dapat melaksanakan aktivitas sebagaimana biasa.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020