Balai Latihan Kerja (BLK) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, memproduksi masker nonmedis untuk dibagikan kepada seluruh lapisan masyarakat di "Bumi Bersujud" secara gratis, sebagai upaya mencegah penularan Virus Corona atau COVID-19.

"Ini adalah langkah tanggap darurat yang dilakukan pemerintah daerah terhadap penyebaran wabah virus corona yang kini sudah melanda di beberapa daerah khususnya di Kalimantan Selatan," kata plt BLK Tanah Bumbu, Saikul, di Batulicin, Jumat.

Dia mengatakan, dalam satu hari BLK dapat memproduksi masker sebanyak 200 lembar, dengan menggunakan bahan utama kain jenis katun oxford.

Selain membuat masker untuk dibagikan kepada masyarakat, BLK juga memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) yang rencananya dibagikan kepada tenaga medis atau Satgas pencegahan dan penanggulangan virus corona.

Menurut dia, memproduksi masker dan APD tersebut dilakukan karena merasa prihatin dengan kelangkaan masker yang terjadi hampir di seluruh Kalimantan Selatan.
Baca juga: Cegah Corona, PMI Tanah Bumbu bagikan masker gratis
Nantinya, masker dan APD Kalau sudah terkumpul akan diserahkan kepada Satgas pencegahan dan penanggulangan wabah virus corona Tanah Bumbu untuk dibagikan kepada masyarakat dan tenaga medis secara gratis.

Yang membuat masker dan APD tersebut merupakan anak didik dari BLK Tanah Bumbu sebanyak 20 orang, dimana sebelumnya mereka telah mengikuti pelatihan pembuatan masker dan baju yang baik dan benar.

"Untuk standar medisnya hal ini masih kami konsultasikan kepada Dinas Kesehatan, namun paling tidak masker tersebut mampu melindungi masyarakat dan tenaga medis dari material debu," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020