Untuk meminimalisir penyebaran wabah virus corona atau covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membagikan masker secara gratis kepada masyarakat "Bumi Bersujud".

Ketua PMI Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem, di Batulicin, Kamis mengatakan, ada 1.000 masker dibagikan kepada masyarakat, dan PMI juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan diseluruh rumah warga Tanah Bumbu untuk mecegah penyebaran virus corona.

"Pembagian masker dan penyemprotan cairan disinfektan dilakukan terhadap seluruh rumah warga adalah sebagai kepedulian terhadap keselamatan dan kesehatan lingkungan sekitar," kata Rooswandi.

Dia mengatakan, PMI tentunya akan terus membatu apa yang menjadi kebijakan pemerintah, dimana sebelumnya PMI juga membagikan Alat Pelindung Diri (APD) pada satgas penanggulangan virus Corona secara gratis.

Menurut Rooswandi, saat ini Kalimantan Selatan sudah memasuki Zona merah terhadap penyebaran Virus Corona, sehingga pihaknya meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat menjaga diri terhadap penyebaran wabah tersebut.

"Salah satu yang harus dilakukan saat ini adalah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, rajin melakukan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir setelah melakukan aktivitas," ujarnya.

Yang paling penting menghindari kerumunan warga atau melakukan "social distancing" untuk menghindari penyebaran virus corona.

"sat ini informasi dari satgas pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona, bahwa di Tanah Bumbu ada empat orang masuk daftar sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP), kini yang bersangkutan sudah ditangani di RSUD Banjarmasin," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020