Plt Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Ali Fahmi, menghimbau kepada para pedagang agar jangan memainkan harga sembako mejelang masuknya bulan Ramadhan.

"Saat ini, kami memang melakukan pemantauan harga sembako tiap satu minggu sekali dan menjelang perayaan keagamaan pemantauan dua sampai tiga kali seminggu," katanya di Barabai, Jum'at.

Menurutnya, menjelang Ramadhan ini pemantauan harga barang dilakukan tiap hari hingga menjelang lebaran Idul Fitri.

Pihaknya akan melakukan sidak di pasar Barabai dengan sasaran bahan makanan kadaluarsa dan menggunakan bahan kimia berbahaya sebagai jaminan masyarakat tetap aman untuk mengkonsumsi.

Fahmi menambahkan, informasi harga kebutuhan pokok juga disebarluarkan melalui radio dan ke depan dicoba kerjasama melalui videotron Pemkab HST serta website yang dikelola Diskominfo dan media lainnya.

Sebelumnya, Wabup HST, berry Nahdian Forqon berharap, kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang ramadhan ini tidak terlalu tinggi karena akan menyulitkan masyarakat.

"Kita memang perlu melakukan pemantauan untuk mengantisipasinya, melalui TPID, diharapkan pemerintah daerah dapat menekan inflasi di daerah demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia berharap pada tahun ini inflasi di HST senantiasa menurun.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020