Stok beras di Gudang Bulog di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, sekitar 200 ton cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga Lebaran 1441 Hijriah.

Kepala Gudang Bulog Sari Gadung Kastani, di Batulicin, Kamis, mengatakan, rata-rata kebutuhan beras untuk Tanah Bumbu sekitar 70 ton per bulan.

"Dengan stok 200 ton tersebut, cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga tiga bulan ke depan," kata Kastani.

Meski diperkirakan, cukup, Bulog tetap melakukan antisipasi, salah satunya akan meminta suplai tambahan dari Bulog Banjarmasin sekitar 250 ton dan dari Kotabaru 100 ton.

"Kini masih dalam proses permohonan," terangnya.
Baca juga: Stok beras di Tanah Bumbu cukup hingga lebaran 2020
Hingga saat ini Bulog masih menjual beras antara Rp11.625/kg dengan kualitas premium, sedangkan untuk kualitas medium sekitar Rp8.600/kg.

Membantu meningkatkan kesejahteraan petani, Bulog siap untuk menyerap hasil panen petani lokal sesuai harga yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Gabah siap giling atau Gabah Kering Giling (GKG) seharga Rp5.115/kg sedangkan harga beli Gabah Kering Panen (GKP) sekitar Rp4.070/kg.

"Ini adalah komitmen kami dalam mendukung program kesejahteraan petani, bahkan pada periode 2018 Bulog menyerap atau membeli hasil panenn padi petani di Tanah Bumbu mencapai 100 ton," pungkasnya.

Pewarta: Imam Hanafi/sujud

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020