Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta mengatakan, Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) di Kabupaten Tanah tahun 2020 terbilang sukses,  salah satu contoh di Desa Sarikandi menghasilkan 6,186 ton padi per hektare.

"Alhamdulillah semua berhasil tanam tidak ada yang gagal , contohnya di Desa Sarikandi ini produktivitasnya 6 ton per hektare,”ujar Sukamta pada kegiatan Manunggal Tuntung Desa Sarikandi, Kecamatan Kurau, Jum'at (13/3).

Menurut dia, di Desa Sumber Makmur lahan dengan luas 320 hektare yang dulunya hanya lahan bundung yang tidak dapat digunakan untuk apa-apa ,kini bisa ditanami padi dan memiliki produktivitas dua sampai tiga ton perhektarenya.

“Ini adalah sebuah keberhasilan yang luar biasa," ujar Kamta.

Sukamta menambahkan, program SERASI sebuah wujud nyata pemerintah ingin menyejahterakan para petani.

Selain itu, ungkap dia, program SERASI juga didukung  Pemkab Tanah Laut  melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikulturan dan Perkebunan setempat  dengan menyediakan alat-alat mesin pertanian seperti, combine harvester untuk para petani, agar proses panen lebih cepat,  sehingga memungkinkan para petani untuk tanam dua kali dalam setahun.

"Tentu kita dukung dengan alat mesin pertanian yang canggih agar para petani bisa dua kali tanam dalam setahun, tanam pertama dengan SERASI lalu tanam kedua saat air mulai tinggi dengan tanaman padi lokal. Sehingga para Petani kita lebih produktif lagi dan lebih sejahtera karena padi yang dihasilkan dua kali lipat jumlahnya,"terang Sukamta.

Lebih lanjut Sukamta menjelaskan,  pemerintah berkomitmen untuk menjaga harga gabah kering agar tetap stabil, yang mana saat ini harga gabah kering Rp5 ribu per kilogramnya.

Diutarakannya,  dengan harga tersebut petani di Kabupaten Tanah Laut bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Bupati  juga mengemukakan, di Kabupaten Tanah Laut ada 17.000 hektare lahan program SERASI yang semuanya berhasil direalisasikan dengan baik.

Pada acara manunggal tuntung pandang (MTP) di Desa Srikandi, bupati ikut panen dengan menggunakan mesin combine harvester di atas lahan SERASI.
Bupati Tanah Laut H Sukamta ikut memanen di lahan SERASI di Desa Sarikandi, Jum'at (13/3).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020