Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad menghadiri rapat persiapan Musyawarah Nasional (Munas)  Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), di Ballroom Sekretariat APKASI, Gedung Sahid Sudirman Center, Jakarta.

Ia mengatakan, untuk Kabupaten HSS mendapatkan amanah dari APKASI sebagai koordinator wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dan rapat koordinator wilayah dilaksanakan jelang Munas V APKASI tahun 2020.

Baca juga: 84 orang petugas kesehatan HSS ikuti orientasi Saka Bakti Husada

"APKASI merupakan Forum Wadah Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  yang bermitra dengan pemerintah pusat, dengan adanya APKASI diharapkan bisa menciptakan suasana demokratis dalam hubungan pemerintahan pusat dan daerah," katanya.

Penasehat khusus APKASI Ryaas Rasyid, mengatakan rapat ini bertujuan untuk menginventarisasi permasalahan yang timbul di daerah-daerah, terkait hubungan kewenangan, kebijakan antara pemerintah pusat dengan daerah.

Baca juga: Wabup HSS : Indonesia Mengajar bawa persepsi baru tentang cara mendidik

Dijelaskan, hal ini dilakukan agar menjadi bahan yang matang dan dapat dibahas secara menyeluruh pada Munas  APKASI yang akan datang, serta diharapkan hasilnya dapat menjadi rekomendasi untuk pemerintah pusat secara spesifik di bidang tertentu.

Turut berhadir, Bupati Kubu Raya selaku Kordinator Wilayah Kalbar, Wabup Jember Kordinator Wilayah Jawa Timur, Wakil Bupati Kupang selaku Kordinator Wilayah NTT, dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020