Sekretaris daerah (Sekda) Hulu Sungai Tengah (HST), H A Tamzil menghimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab HST agar senantiasa ikut berperan aktif sukseskan sensus penduduk 2020.

Hal itu disampaikannya saat jajaran Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten HST melakukan sensus penduduk online ke rumah dinasnya, Senin (17/2).

Menurutnya, di era milinial atau memasuku generasi 4.0 saat ini, semua ASN mestinya sudah mampu dan berperan aktif dalam mem backup sukses sensus  model baru 2020 dengan sistem elektronik.

Baca juga: BPS sensus keluarga Bupati HST

Ia menyadari, bahwa kita semua, apalagi ASN, sudah sepantasnya memanfaatkan momentum ini. Karena output dari sensus akan membantu pimpinan daerah dalam menyusun arah kebijakan.

Khususnya kebutuhan dasar warga Bumi Murakata yang mencakup bidang pendidikan, pangan, kesehatan dan fasilitas lingkungan khususnya perumahan.

"Hasil sensus ini, kita gunakan untuk evaluasi dinamika trend proyeksi angka kelahiran, kematian dan migrasi di wilayah kita," kata Tamzil yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Inspektur, Bappeda dan Lingkungan Hidup. Jadi paham betul pentingnya sensus ini.

Baca juga: Paman Birin ikuti sensus penduduk online bersama BPS

Dia mengajak kepada seluruh ASN, mulai tanggal 15 Februari sampai dengan tanggal 31 Maret untuk aktif mengisi sensus online di laman https://sensus.bps.go.id.

Kepala BPS HST, Eddy Erwan Nopianoor menyampaikan, sensus penduduk 2020 menggunakan dua metode, yaitu online dan wawancara langsung untuk daerah-daerah jauh yang tidak ada koneksi internet.

"Sensus online sudah bisa dilakukan dari tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Sementara pada 1-31 Juli 2020 akan dilakukan sensus penduduk wawancara," katanya.

Baca juga: Sensus Penduduk 2020 dimulai, BPS Ajak masyarakat HST isi data secara online

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020