Badan Pusat Statistik (BPS) Hulu Sungai Tengah (HST) melakukan Sensus Penduduk secara online dengan mendata anggota keluarga Bupati HST H A Chairansyah di rumah dinasnya jalan Bhakti Barabai, Senin (17/2).

"Semoga seluruh penduduk HST tercatat semua. Apalagi metode sensus penduduk tahun ini menggunakan dua metode, yaitu secara online dan wawncara," kata Kepala BPS HST, Eddy Erwan Nopianoor.

Ia menyampaikan, untuk sensus online akan berbasis Nomor KTP dan Kartu Keluarga, serta dapat dilakukan secara mandiri baik menggunakan ponsel pintar, tablet, maupun komputer desktop. Sedangkan untuk metode tradisional dilakukan pada daerah-daerah yang belum terjangkau sinyal telekomunikasi.

Sensus Penduduk 2020 merupakan agenda besar yang dilakukan BPS. Tujuannya menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia.

Dalam Sensus Penduduk tahun 2020 ini merupakan sensus penduduk transisi menuju sensus penduduk berbasis data registrasi sesuai apa yang direkomendasikan PBB.

Bupati HST sangat mendukung program sensus penduduk online tersebut. Beliau juga menghimbau agar semua masyarakat Kabupaten HST untuk aktif menyukseskan sensus penduduk 2020.

Chairansyah berharap, dengan adanya Sensus Penduduk yang dilakukan dengan cara online dan manual, sudah dapat melihat jumlah penduduk yang ada di HST pada pertengahan tahun ini.

Menurutnya, data kependudukan menjadi sangat strategis untuk proses pengambilan kebijakan supaya lebih optimal.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020