Barabai, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 38 kesebelasan  terdiri dari 16 Klub tingkat SLTA dan 22 klub tingkat SLTP bersaing  kompetisi turnamen Liga Pendidikan Indonesia yang diselenggarakan Disporabuparhar HST dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi Kabupaten HST ke - 54 di Stadion Mandingin Barabai.

Kepala Disporabudpar HST H Hasbi didampingi Kabid Olahraga menjelaskan LPI di Kabupaten HST diselenggarakan sejak tanggal 18 Nopember hingga 29 Nopember 2013 dan sifat kegiatan ini dilombakan dari tingkat Kabupaten hingga tingkat Nasional di tahun 2014.

"LPI memang khusus di bidang sepak bola  dan ditahun 2013 ini pelajar kita telah mampu meraih prestasi menjadi juara tiga ditingkat Propinsi baik yang SLTA yaitu SMA 3 Barabai ataupun MTsN 1 Barabai untuk SLTPnya sehingga ditahun mendatang diharapkan dapat menorehkan prestasi yang lebih baik lagi."ujarnya.

Kegiatan Final yang direncanakan tanggal Jumat, 29 Nopember 2013 di Stadion Mandingin Jam 16.00 Wita dipastikan meriah dan memperebutkan Piala Bupati HST ini memang menjanjikan kehormatan tertinggi.

Begitupun hadiah uang pembinaan  bagi para juara antara lain Juara I mendapatkan Rp. 7.5 Juta, Juara II Rp, 5 Juta  dan Juara III Rp3 Juta serta bagi pencetak gol terbanyak mendapatkan Rp. 1 Juta.

Lebih lanjut diterangkanya bahwa tujuan penyelenggaraan  Kejuaraan sepakbola antar pelajar/liga pendidikan Indonesia   se Kabupaten HST ini dilaksanakan  dengan tujuan antara lain untuk menyongsong penyelenggaraan LPI Piala Presiden tahun 2013 serta memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten HST ke - 54.

Sementara dasar kegiatan ini  antara lain Undang Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan, Kesepakatan tiga menteri yaitu Depdiknas, Kemenpora dan PSSI, terlaksananya kegiatan ini juga berasal dari DPA SKPD Disporabudpar Kabupaten Hulu Sungai Tengah tahun 2013.

Pewarta: Fathurahman

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013