Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry  membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Daha Selatan, bertempat di aula kecamatan setempat.

Ia mengatakan, pada tahun 2020 ini di Kecamatan Daha Selatan akan memiliki perpustakaan bertaraf nasional dan dibangun dengan dana sebesar Rp3,5 miliar.

"Selain itu, pemerintah juga melaksanakan normalisasi sungai Muning Dalam - Baruh Jaya sehingga memperlancar air dan dimanfaatkan untuk pertanian," katanya,  Senin (10/2).

Baca juga: Bupati HSS dorong desa untuk tingkatkan pendapatan dengan Bumdes

Dijelaskan dia, musrenbang adalah wadah untuk mempertemukan aspirasi atau usulan-usulan masyarakat dengan kebijakan pemerintah sehingga kesejahteraan masyarakat bisa tercapai.

Ia juga berharap kegiatan musrenbang ini dapat menghasilkan kesepakatan-kesepakatan, yang bisa diusulkan untuk kegiatan ditahun 2021 mendatang.

Musrenbang  bisa pula untuk menyampaikan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan pemerintah pada tahun 2020 ini, sehingga masyarakat bisa membantu untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut.

Camat Daha Selatan Nafarin, mangatakan berdasarkan data yang ada, Kecamatan Daha Selatan mengajukan daftar usulan prioritas utama sebanyak  16 buah usulan. 

Baca juga: Desa miliki APBDes dan ADD, musrenbang lebih mudah

"Kami berterima kasih kepada Bupati HSS dan jajaran atas pembangunan-pembangunan yang selama ini dilaksanakan," katanya.

Menurut dia, berbagai pembangunan yang dilaksanakan diantaranya, pembangunan RTH Bersahaja yang setiap hari ramai dikunjungi masyarakat apalagi jika sore hari.

Selain itu, ada juga pembangunan gedung rawat inap rumah sakit Daha Sejahtera sehingga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

"Dan yang saat ini mulai dibangun adalah gedung perpustakaan bertarap nasional, yang terletak tepat di depan rumah dinas camat Daha Selatan," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020