Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, menyampaikan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) adalah sebuah tahapan yang harus dilalui dalam sebuah perencanaan pembangunan, sehingga pelaksanaannya sangat penting dalam menentukan arah pembangunan ke depan.

Ia mengatakan, patut bersyukur bahwa pelaksanaan Musrenbang saat ini menjadi lebih mudah, ini dikarenakan desa sudah memiliki Anggaran Pendapat dan Belanja Desa (APBDes) dan Alokasi Dana Desa (ADD), sehingga beberapa pembangunan berskala kecil bisa diakomodir sendiri oleh desa. 

"Dan apa-apa yang tidak bisa dilaksanakan oleh desa, itulah yang akan diteruskan ke Musrenbang," katanya, saat membuka Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kecamatan Daha Barat, bertempat di aula kecamatan setempat, Selasa (4/2) pagi.

Baca juga: Bupati HSS : Usulan Musrebang harus selaras, seiring dan bersinergi

Dijelaskan dia, bahwa tidak semua usulan yang dibawa ke musrenbang bisa dilaksanakan, semua sangat tergantung dengan skala prioritas yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Khusus untuk Kecamatan Daha Barat, ia juga menyampaikan apa saja  yang akan dibangun di tahun 2020 ini, di antaranya adalah peningkatan ruas jalan Samuda - Bajayau, juga normalisasi aliran sungai dan pembuatan tempat pemakaman umum.

Selain itu, untuk untuk ruas jalan Bajayau sendiri sudah diusulkan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk dijadikan Jalan Propinsi, sehingga diharapkan akan tersambung ke Kabupaten Tapin.

Sebelumnya, Camat Daha Barat Syamsuri, menyampaikan terima kasih atas berbagai kegiatan pembangunan yang selama ini dilaksanakan di Kecamatan Daha Barat.

Baca juga: Bupati HSS buka Musrenbang Kecamatan Sungai Raya

"Daha Barat terdiri atas tujuh desa yang selama ini termasuk dalam kategori desa tertinggal di HSS, sehingga mulai tahun ini APBDes yang ada di masing-masing desa diprioritaskan untuk mengangkat status tersebut," katanya.

 Ditambahkan dia, dengan adanya bantuan intervensi yang dilakukan oleh pemerintah daerah, diharapkan akan membuat desa-desa di Kecamatan Daha Barat ini menjadi lebih maju.

Turut hadir, para anggota DPRD HSS Dapil 3, Kepala Bapelitbangda Iwan Friady berserta para kepala OPD, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, ketua MUI Kecamatan Daha Barat, para kepala desa, forum anak dan tokoh masyarakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020