Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kecamatan Daha Utara, bertempat di aula kecamatan setempat.

Ia mengatakan, mulai sekarang desa sudah punya Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sendiri dan Alokasi Dana Desa (ADD), dipersilahkan untuk berlomba meningkatkan pendapatan sendiri dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

"Namun untuk itu dengan terlebih dahulu tentu harus membuat peraturan, yang disetujui oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS," katanya, dalam sambutan, Rabu (5/2) pagi. .

Dijelaskan dia, berbagai upaya ini bertujuan tak lain adalah untuk meningkatkan pendapatan sendiri, karena tidak bisa hanya berharap sharing dana dari pemerintah pusat semata.

Baca juga: Desa miliki APBDes dan ADD, musrenbang lebih mudah

Pemkab HSS pun selalu berupaya menambah pendapatan dengan memacu prestasi yang diraih, karena setiap prestasi akan dihargai dengan dana insentif dari pemerintah pusat, yang bisa dipergunakan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

APBD Pemkab HSS diakui tidaklah besar sehingga pelaksanaan musrenbang ini sangat penting untuk menentukan mana yang memang perlu dipriotitaskan, karena tidak semua usulan yang masuk bisa diakomodir.

Usulan dalam musrenbang diharapkan tidak hanya untuk pembangunan infrastruktur, tetapi juga hal lainnya yang dirasakan manfaatnya untuk warga, seperti peningkatan kesejahteraan, pola perilaku, penanggulangan kelainan jiwa yang ada di masyarakat.

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada camat dan Ketua MUI Kecamatan Daha Utara, yang telah memfasilitasi rencana relokasi Puskesmas Pasungkan, yang memang sudah lama direncanakan.

Baca juga: Bupati HSS : Usulan Musrebang harus selaras, seiring dan bersinergi

Ucapan serupa juga disampaikan untuk para anggota DPRD HSS yang sudah bersinergi dengan Pemkab HSS, selalu mendukung berbagai upaya pembangunan yang dilaksanakan.

Sebelumnya, Camat Daha Utara M. Taufikurrahman, melaporkan musrenbang kali ini dihadiri oleh para kepala desa beserta delegasi desa se Daha Utara, terdiri dari ketua BPD, perangkat desa, ketua RW/ RT dan ketua TP PKK desa.

"Kami ucapkan terima kasih atas kesediaan bapak bupati yang sudah hadir dalam kesempatan kali ini, terima kasih pula atas segala pembangunan yang dilaksanakan di Kecamatan Daha Utara," katanya.

Ditambahkan dia, beberapa usulan beberapa prioritas pembangunan yang diajukan, antara lain pelokasi Puskesmas Pasungkan, normalisasi Sungai Hamayung - Hakurung, Siring Sungai Pandak Daun - Pakan Dalam, rehab Pustu Teluk Haur dan rehab Serubung Majelis Ta'lim Ibrahim.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020