Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor menyampaikan ucapan terima terimakasih kepada Bupati HSS H Achmad Fikry, jajaran dan masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang telah menyambut dengan hangat dan sangat mendukung kegiatan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial(LBKS) tahun 2019. 

Ia mengatakan, perjalanan LBKS  dalam rangkaian peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke-61 di Kabupaten HSS tahun 2019, menjadi upaya bersama untuk mensosialisasikan kembali, mengkampanyekan dan menumbuhkan kesadaran kesetiakawanan di seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Kalsel.

"Puncak HKSN akan dilaksanakan di kawasan Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Ju'mat (20/12) mendatang, di mana Provinsi Kalsel menjadi tuan rumah pelaksanaan HKSN 2019," katanya, yang akrab dipanggil Paman Birin, saat memberikan sambutan di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Senin(16/12).

Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) Nurul Farijati, mengatakan rangkaian peringatan HKSN 2019 yang agendanya diharapkan menjadi salah satu solusi bagi problematika yang sedang dihadapi.

Penyerahan bantuan dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Malam ramah tamah Bupati HSS bersama tim LBKS tahun 2019

Dijelaskan dia, tema "Kesetiakawanan sosial menembus batas", merupakan langkah yang benar-benar nyata dirasakan pengaruh dan manfaatnya oleh masyarakat, juga terlaksanakan agar partisipasi banyak pihak, sumbangsih dari para relawan, donatur, dan para mitra kesetiakawanan sosial.

Sementara itu, Bupati HSS H. Achmad Fikry, mengutarakan merasa terhormat dan bangga menjadi salah satu titik LBKS tahun 2019, begitupun tak lupa ucapan terima kasih kepada pejabat Kemensos RI yang datang, karena akan banyak memberikan bantuan kepada HSS.

Untuk penyerahan bantuan sosial secara simbolis diserahkan oleh Gubernur Provinsi Kalsel, Bupati HSS, Sekretaris Ditjen Penanganan Fakir Miskin Kemensos RI, dan Kepala BRI cabang Kandangan.

Bantuan dari Kemensos RI berupa sembako bagi Lansia sebanyak 500 paket, alat bantu dengar bagi lansia sebanyak empat paket, alat bantu bagi lansia sebanyak 343 paket dalam bentuk tongkat dan kursi roda, alat bantu bagi disabilitas sebanyak 18 paket dalam bentuk kursi roda dan kaki palsu.

Selanjutnya, perlengkapan sekolah sebanyak 450 paket, sembako bagi penerima Program Keluarga Harapan(PKH) sebanyak 100 paket, bantuan penanggulangan bencana (stock logistik) sebesar Rp.77.483.095, dan program rumah tidak layak huni (Rutilahu) sebanyak enam buah rumah.

Adapun bantuan dari Gubernur Kalsel berupa sembako bagi warga kurang mampu pedesaan sebanyak 180 paket, sembako bagi warga kurang mampu perkotaan sebanyak 176 paket, dan program rumah tidak layak huni (Rutilahu) sebanyak enam buah rumah.

Penyerahan bantuan dari Bupati HSS H Achmad Fikry (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Lintas batas upaya tumbuhkan kesetiakawanan sosial

Bantuan dari Bupati HSS yaitu program kesejahteraan sosial anak (PKSA) sebanyak 100 orang, program Bersama Untuk Peduli Yatim (Berupaya) sebanyak 231 orang, program jaminan hidup bagi lansia (Jadup Lansia) sebanyak 1.747 orang, dan beras sejahtera daerah sebanyak 6.257 paket.

Juga diserahkan bantuan dari Yayasan Pondok Kasih Jakarta yaitu akte kelahiran secara gratis sebanyak 10 buah, dan paket hadiah dari anak untuk anak sebanyak 500 paket.

Sementara, bantuan dari BRI Cabang Kandangan yaitu tabungan simpanan pelajar bagi anak PKH berprestasi sebanyak tiga paket, penghargaan bagi graduasi mandiri penerima PKH sebanyak tiga paket, serta penyaluran kredit bagi tiga Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Kegiatan ini dimeriahkan dengan Tari Selamat Datang dari Posko La Bastari Kandangan, pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh M. Muhyar dan Saritilawah Jamilah, konvoi motor, peragaan busana, dan yel-yel dari Dinas Sosial Kabupaten.HSS yang tergabung dalam Tim Biru Sehati.

Penyerahan bantuan penanggulangan bencana dari Kemensos RI (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019