Bupati Banjar Khalilurrahman dan Ketua DPRD Banjar Muhammad Rofiqi menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Badan Pengawas Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

Penyerahan LHP dilakukan Kepala Perwakilan BPK RI Kalsel Tornanda Syaifullah di aula Kantor BPK, Senin  disaksikan Sekretaris Daerah Kalsel, Abdul Haris, Ketua DPRD Kalsel Supian dan walikota/bupati.

BPK-RI juga menyerahkan LHP Pengelolaan Kredit Segmen Korporasi tahun 2018 pada PT Bank Pembangunan Daerah Kalsel dan instansi terkait lain di Banjarmasin, Banjarbaru, Jakarta, Tabanan dan Yogyakarta.

Baca juga: Bupati Banjar apresiasi pemilihan Da'i cilik

LHP kinerja atas efektivitas pembinaan dan pengawasan pengelolaan dana bidang kesehatan dalam mendukung pelayanan kesehatan pada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Kinerja Pelayanan Kesehatan pada Pemerintah Kota Banjarbaru serta Kinerja atas efektivitas pengelolaan belanja derah untuk meningkatkan pembangunan manusia pada Pemkab Balangan.

Selain itu juga LHP kinerja atas peningkatan kualitas pembelajaran melalui penguatan penjaminan mutu pendidikan dan implementasi kurikulum dalam mewujudkan terselenggaranya wajib belajar 12 tahun pada Pemko Banjarmasin dan Pemkab Tanah Laut.

Baca juga: Sekda Banjar ajak tingkatkan kesiapsiagaan bencana

Kepala Perwakilan BPK RI Kalsel Tornanda Syaifullah mengatakan,
LHP yang diserahkan adalah kinerja atas efektivitas pengelolaan dana bidang kesehatan dalam mendukung pelayanan kesehatan dasar 2018 dan semester I 2019 Pemkab Banjar.

Tornanda Syaifullah menyebutkan ada beberapa yang mesti diperbaiki, yakni pembinaan pemerintah desa dalam pengembangan kompetensi SDM melalui pendidikan dan pelatihan, pemanfaatan sarana, prasarana, alat kesehatan dalam mendukung penyelenggaran pelayanan kesehatan dasar.

"BPK RI telah memberikan sejumlah rekomendasi dituangkan dalam LHP. Kepala daerah dan instansi terkait dapat mengetahui permasalahan dan rekomendasi signifikan dalam ikhtisar atau ringkasan eksekutif di bagian depan LHP," katanya.

Baca juga: Pemkab Banjar gelar pasar murah bantu masyarakat
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019