Bupati Kotabaru bersama jajaran dari pemerintah Kabupaten Kotabaru hadiri peringatan syukuran 2 tahun Hari Kepercayaan Kaharingan sekaligus penyerahan bantuan di desa Buluh Kuning Kecamatan Sungai Durian, Jumat (13/12).

Ketua umum DMP MUKKI, Sukirman, dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini akan menjadi catatan sejarah bagi pemerintah Kabupaten Kotabaru .

"Acara ini adalah ulang tahun MUK (Majelis umat kaharingan), bahwa kepercayaan kaharingan yang telah dibimbing dan dibantu tenaga dan pikiran kami tidak dapat melupakan, mungkin akan menjadi catatan sejarah bagi pemerintah Kabupaten Kotabaru," ucapnya.

Lanjutnya mengatakan, Majelis Umat Kaharingan berperan aktif dalam menjaga kedamaian dan menjunjung tinggi kebhinnekaan dalam bingkai persatuan indonesia.

Kemudian dalam sambutan Ketua Umum Adat Dayak Provinsi Kalsel, Defriadi drajat berharap agar masyarakat tetap melaksanakan pendidikan.

"Masyarakat yang berada di wilayah-wilayah adat untuk tidak meninggalkan pendidikan, karena itu merupakan masa depan kita," harapnya.

Sementara itu, Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar Alaydrus, menekankan bahwa acara serupa yang akan datang, akan di backup oleh pemerintah kabupaten kotabaru.

"Ulang tahun yang ke 3 nanti kita akan backup langsung, saya berada di depan untuk mengoordinir langsung, dan mari kita bangun kebersamaan antar sesama agar kita kokoh dan kuat, karena pusat kaharingan indonesia di kotabaru maka dari itu kita harus siap  " tegasnya.

Dalam acara itu, Bupati menyerahkan beberapa bantuan, yaitu Penyerahan bantuan penyelenggaraan peringatan syukuran hari kepercayaan kaharingan kepada ketua panitia, penyerahan bantuan pembangunan dan perabotan TKN Pembina Sungai durian, dan penyerahan bantuan fasilitas PAUD.

Adapun rangkaiannya, acara diawali dengan penampilan tarian binuang garantung dari Adat Dayak Hampang, tarian penyambutan Jihi Pembelum dari Dewan Adat Dayak Provinsi Kalsel, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, serta ditutup dengan atraksi tarian Balalap Api dari desa batuah

Pewarta: M. Shohib

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019